Resmi Jabat Bupati dan Wabup Pessel, Ini Profil Singkat Rusma Yul Anwar dan Rudi Hariansyah

Saat pelantikan Rusma Yul Anwar-Rudi Hariansyah jadi Bupati dan Wabup Pessel disaksikan secara virtual dari Audotorium Kantor Gubernur Sumbar di Padang
Saat pelantikan Rusma Yul Anwar-Rudi Hariansyah jadi Bupati dan Wabup Pessel disaksikan secara virtual dari Audotorium Kantor Gubernur Sumbar di Padang (istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Rusma Yul Anwar dan Rudi Hariansyah resmi menjabat Bupati dan Wakil Bupati Pesisir Selatan ( Pessel ), Sumatera Barat. Dua sosok dengan latar belakang yang berbeda itu sukses menumbangkan dua pasangan kandidat di Pilkada 2020 Pessel .

Rusma Yul Anwar yang notabenenya sebagai incumbent Wakil Bupati Pessel berhasil menumbangkan petahana. Sedangkan, Rudi Hariansyah sendiri merupakan sosok muda milenial dengan latar belakang pebisnis dari perusahaan negara yang bergerak di bidang kesehatan.

baca juga: Puskesmas Andalas Telah Vaksin Ribuan Warga, 347 Diantaranya Lansia

Kedua melenggang dengan perolehan suara terbanyak di Pessel , dan akhirnya ditetapkan jadi Bupati dan Wakil Bupati Pessel terpilih, dan resmi menjabat dilantik Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi di auditorium Kantor Gubernur, Jumat 26 Februari 2021.

Berikut profil singkatnya sebagaimana dirilis Humas Pemkab Pessel :

baca juga: Libur Lebaran, Puskesmas di Padang Sepi

Rusma Yul Anwar berlatar seorang guru yang dianggap memiliki karir cemerlang dengan jabatan terakhir sukses menjadi Wakil Bupati Pessel periode 2016-2020. Pasangan dari Ny. Yusneti, S.Kep ini mengawali karir sebagai guru SMEA Negeri Painan (1987-1989). Dianggap berprestasi dari guru diangkat jadi Kepala SMKN 1 Painan (2007-2010), hingga menjadi Kepala Dinas Pendidikan Pesisir Selatan (2011-2017).

Selanjutnya, ayah tiga anak itu maju melanjutkan kariernya ke dunia politik pada tahun 2015 sebagai kandidat Wakil Bupati Pessel mendampingi Bupati Hendrajoni. Dalam perjalanan kariernya sebagai Wakil Bupati , pada Pilkada 2020 ia kembali sebagai Bupati Pessel diusung Partai Gerinda, PAN, PKB, Perindo, Berkarya dan Gelora.

baca juga: BMKG sebut Potensi Hujan Tinggi di Sejumlah Daerah

Sementara Wakil Bupati , Rudi Hariyansyah merupakan sosok milenial yang lahir di Tapan, Kecamatan Basa Ampek Balai- Pessel dengan umur 38 tahun.

Suami dari Ny. Eliza Eka Putri itu sebelumnya berkarir di BUMN Kimia Farma dengan jabatan terakhir sebagai Kepala Wilayah PT.Kimia Farma (2010-2020).

baca juga: Ombudsman Sumbar Awasi Penegakan Hukum Prokes Agar Tidak Terjadi Maladministrasi

Ayah satu anak itu tamat dari SMU Negeri 1 Pancung Soal (2000), dan melanjutkan pendidikan DIII Farmasi STIKES MH Thamrin, S1 Farmasi Institut Sains Teknologi Nasional dan Apoteker Institut Sains Teknologi Nasional.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Ramadhani