Jumat Besok, Rusma Yul Anwar-Rudi Hariansyah Resmi Jadi Bupati dan Wakil Bupati Pessel

Rusma Yul Anwar dan Rudi Hariansyah
Rusma Yul Anwar dan Rudi Hariansyah (istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Pesisir Selatan ( Pessel ) terpilih, Rusma Yul Anwar dan Rudiansyah akan resmi menjabat Bupati dan Wakil Bupati periode 2021- 2024 pada Jumat 26 Februari 2021 besok.

Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokoler Pessel , Rinaldi mengungkapkan, kepastian itu bersamaan dengan sejumlah kepala daerah kabupaten/kota terpilih lainnya.

baca juga: Bupati Pessel Bolehkan Salat Ied di Masjid dan Lapangan, Kecuali di Nagari Zona Merah

"Besok (Jumat 26 Februari 2021), langsung dilantik Gubernur Sumatera Barat di auditorium Kantor Gubernur," ungkapnya pada KLIKPOSITIF , Kamis 25 Februari 2021.

Ia menjelaskan, dalam pelantikan tersebut karena dalam kondisi pandemi, peserta yang hadir di batasi, kecuali untuk istri para pasangan bupati dan wakil bupati terpilih.

baca juga: Wagub Sumbar Akhiri Safari Ramadan di Pesisir Selatan

"Hanya dihadiri bupati dan wakil bupati terpilih beserta istri, sedangkan Forkopimda dan undangan lainnya tetap secara virtual melalui youtube Kominfo Sumbar dari daerah masing-masing," terangnya.

Lanjutnya, setelah pelantikan di Kantor Gubernur, Pasangan Rusma Yul Anwar-Rudi Hariansyah dijadwalkan untuk mengikuti serah terima jabatan di Pessel . Serah terima jabatan diagendakan dalam paripurna DPRD.

baca juga: Sekjen Gerindra Nyatakan Siap Dukung Normalisasi Batang Tapan Pessel

"Usai pelantikan di Padang, pada siang harinya Jumat (26/2) dilanjutkan dengan acara serah terima jabatan dalam sidang paripurna DPRD," tutupnya.

Diketahui dalam rapat pleno KPU Pessel sebelumnya, Pasangan Rusma Yul Anwar dan Rudi Hariansyah ditetapkan terpilih dalam Pilkada 2020 di Pessel .

baca juga: Bantu Ketersedian Pangan di Rahul Tapan, Bupati Pessel Kirim 10 Ton Beras Untuk Korban Banjir

Penetapan itu, beserlang telah keluarnya hasil keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) dalam sengketa Pilkada 2020 di Pessel . Berdasarkan ketetapan, KPU menetapkan pasangan Rusma Yul Anwar-Rudi Hariansyah terpilih dengan 128.922 suara atau 57,2 persen dari total 225.216 suara sah.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Haswandi