Perlu Dikonsumsi, Ini 5 Jenis Ikan yang Miliki Manfaat Besar Untuk Tubuh

ilustrasi
ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Ikan menjadi salah satu makanan yang memberikan banyak manfaat untuk tubuh. American Heart Association merekomendasikan untuk konsumsi ikan setidaknya dua kali dalam sehinggu untuk untuk mendapatkan manfaat sehatnya.

Ikan merupakan sumber protein dan vitamin B yang baik. Selain itu, ikan juga mengandung asam lemak esensial omega-3 yang berguna untuk mengurangi tekanan darah, peradangan, pembentukan plak di arteri, serta risiko pembekuan darah.

baca juga: Tidur Siang Sangat Penting bagi Pertumbuhan Anak, Ini Manfaatnya

Namun, tidak semua jenis ikan menawarkan hal sehat tersebut. Hanya terdapat beberapa ikan yang memiliki kandungan lengkap yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Berikut terdapat beberapa ikan yang baik memiliki manfaat besar bagi tubuh, seperti dilansir dari mdlinx.

1. Ikan salmon

baca juga: Pernah Mengalami Ereksi Spontan? Ereksi Tanpa Rangsangan Seksual, Ini yang Perlu Anda Diketahui

Ikan salmon menjadi sumber yang kaya akan asam lemak omega-3, vitamin B (terutama B12), selenium, dan fostor. Nutrisi-nutrisi tersebut sangat baik dan berguna untuk perkembangan otak.

2. Ikan kembung

baca juga: Anda Sering Menderita karena Sariawan, Ini Obat Alami untuk Mengobatinya

Ikan kembung atau makarel kaya akan asam lemak omega-3, vitamin D, magnesium, dan fosfor. Selain bermanfaat untuk otak, juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang. Namun, jenis ikan yang satu ini sangat mudah busuk. Oleh karena itu, ikan ini biasanya diolah dengan cara diawetkan.

3. Ikan haring

baca juga: Hal Sepele Ini Ternyata Bisa Picu Osteoporosis

Ikan haring mengandung vitamin B12 dengan nilai harian sebesar 570 persen. Selain itu, jenis ikan yang satu ini juga merupakan sumber niasin, vitamin B6, vitamin D, dan fosfor. Ikan haring juga mengandung omega-3 yang baik untuk otak. Biasanya ikan ini diolah dengan cara diasinkan.

4. Ikan tuna

Ikan yang satu ini sering dibuat dalam makanan khas Jepang, yaitu sushi. Ikan tuna mengandung protein yang tinggi dan kaya akan fosfor dan vitamin D yang bermanfaat bagi tulang. Ikan tuna juga biasanya diproduksi dalam bentuk kalengan.

5. Ikan trout

Jenis ikan air tawar ini rendah kalori, tetapi kaya akan protein. Ikan trout juga menjadi sumber asam lemak omega-3, vitamin B, vitamin D, fostor, dan zat besi yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Tidak hanya itu, jenis ikan yang satu ini juga menjadi sumber yodium yang baik bagi tubuh.

Editor: Eko Fajri