Bangun Tidur dengan Kondisi Mata Bengkak, Ini Penjelasannya

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Anda sering bangun tidur dengan kondisi mata bengkak? Kondisi itu memang membuat tidak nyaman atau bahkan mungkin membuat penglihatan jadi agak mengecil.

Meski begitu, dokter mengatakan ini bukanlah masalah besar. "Memang biasanya kalau tidur kita ada sedikit penumpukan di area kelopak. Jadi kalau bengkak itu masih nggak apa-apa," kata dokter spesialis mata dr. Anissa Nindhyatriayu BMedSc (Hans), Sp.M., dilansir dari Suara.com Kamis, 25 Februari 2021.

baca juga: Lebaran Sebentar Lagi, Waspada Ganguan Kesehatan Akibat Pola Makan

Dokter Anissa menjelaskan, gangguan kelenjar mata biasanya menyebabkan mata jadi kering kemudian disertai kelopak memerah. Tetapi yang perlu diwaspadai jika mata mengalami infeksi.

"Mungkin yang harus dipertimbangkan adalah apakah ini suatu infeksi atau bukan. Kalau ini infeksi, otomatis justru harus dikasih obat, tergantung infeksinya. Karena tidak serta-merta infeksi harus dikasih antibiotik," jelasnya.

baca juga: Tengku Zul Dirawat di RS, Begini Kondisinya

Ia menyarankan yang harus diperhatiakan justru kondisi kelopak mata. Jika memang jadi memerah, bahkan bengkak, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Terpenting, dokter Anissa mengingatkan agar jangan menggosok mata dengan tangan. Sebab, tangan justru bisa saja menjadi sumber berpindahnya kuman. Sehingga menggosok mata dengan tangan justru berisiko memindahkan kuman. Sehingga, kondisi awal yang sebenarnya hanya karena mata kering bisa berdampak jadi infeksi.

"Kalau tidak terbiasa cuci tangan rutin di setiap kesempatan, justru tangan kita membawa banyak sekali kuman. Jadi dengan kita mengucek mata, justru mengekspos mata dengan kuman tersebut," katanya

baca juga: Konsumsi Kacang Disebut Bisa Picu Jerawat, Ini Faktanya

Editor: Ramadhani