Penagih Pajak Tak Kesulitan Temui Masyarakat Saat Pandemi, Penerimaan PBB di Padang Meningkat

Ilustrasi
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Haswandi)

PADANG , KLIKPOSITIF - Meski dalam keadaan pandemi Covid-19, namun penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan ( PBB ) Kota Padang - Sumbar pada tahun 2020 tetap meningkat dibanding tahun sebelumnya.

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Padang berhasil mengumpulkan PBB pada tahun 2020 sebesar Rp62 miliar lebih dan angka tersebut meningkat dibanding tahun sebelumnya.

baca juga: Nilai Pesantren Ramadan Masuk dalam Nilai Agama

"Jumlah itu meningkat apabila dibandingkan dengan penerimaan di tahun 2019 lalu, yang hanya sebanyak Rp60 miliar," kata Kepala Bapenda Kota Padang Al Amin.

Ia mengatakan, pencapaian tersebut tidak terlepas dari meningkatnya kepatuhan masyarakat dalam membayar PBB .

baca juga: 7.898 Guru Akan Dilibatkan dalam Pesantren Ramadhan di Kota Padang

"Selain itu, kondisi masyarakat yang banyak bekerja dari rumah selama beberapa bulan mendatangkan keuntungan bagi penagih pajak , sehingga tidak kesulitan bertemu dengan wajib pajak ," lanjutnya.

Menurutnya, tidak hanya penerimaan PBB yang meningkat, tetapi juga penerimaan pajak bea perolehan hak atas tanah dan bangunan.

baca juga: Pasangan Muda Diminta Tunda Kehamilan, Kenapa?

"Tahun 2020 penerimaan pajak bea perolehan hak atas tanah dan bangunan mencapai Rp68 miliar, naik dibandingkan tahun 2019 hanya Rp62 miliar," lanjutnya.

Menurutnya, meski dua pajak daerah tersebut mengalami peningkatan penerimaan, namun secara keseluruhan target pajak daerah tahun 2020 tidak terpenuhi.

baca juga: Mulai 18 April, Sebanyak 81.813 Siswa di Kota Padang Akan Ikuti Pesantren Ramadhan

"Realisasi penerimaan 11 sektor pajak daerah tahun 2020 sebesar 70 persenan dari target Rp580 miliar," tutupnya.

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Haswandi