Lagi Flu, Ingat Hindari Konsumsi 5 Makanan Ini

ilustrasi
ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Flu atau pilek adalah penyakit yang sangat umum menyerang anak-anak maupun orang dewasa ketika musim dingin. Flu yang mengganggu bisa menimbulkan gejala berupa hidung meler, tenggorokan gatal, dan bersin tanpa henti.

Biasanya, orang mengatasi gejala flu ini dengan meminum obat-obatan yang dijual bebas atau konsultasi ke dokter. Padahal ada banyak pengobatan alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi flu , seperti mengonsumsi makanan tertentu.

baca juga: Tambah Empat Orang Lansia Terpapar COVID-19 di Tanah Datar, Pemkab Ajak Warga Bersedia di Vaksin

Karena, makanan yang tepat bisa membantu memperkuat sistem kekebalan dan memperbaiki gejala flu Anda lebih cepat. Sementara dilansir dari Bright Side, makanan yang sama bisa membuat kondisi flu Anda lebih buruk.

Makanan yang Harus Dihindari

baca juga: Penelitian Terbaru, Inggris Suntik Penyintas COVID-19 dengan Virus Corona

1. Stroberi

Anda mungkin mengira makanan super ini adalah makanan terbaik ketika pilek. Tetapi justru sebaliknya, stroberi adalah pelepas histamin tinggi yang membuat hidung semakin tersumbat dan menyebabkan ketidaknyamanan.

baca juga: Studi: Konsumsi Suplemen Ini Turunkan Risiko Infeksi Corona

2. Permen

Makanan manis mengandung banyak gula yang termasuk makanan paling dibutuhkan ketika sakit. Tapi, makanan manis bisa menekan sistem kekebalan dan kemampuan sel darah putih untuk melawan penyakit. Karena itu, Anda harus mencoba mengendalikan keinginan untuk mengonsumsi makanan manis ketika pilek.

baca juga: Waktu yang Baik Untuk Menyikat Gigi saat Puasa Ramadhan

3. Makanan olahan

Tak semua makanan olahan tidak sehat, tapi beberapa di antaranya mungkin mengandung garam, gula, dan lemak tingkat tinggi. Bahan-bahan itu bisa menyebabkan peradangan dan menunda proses penyembuhan. Karena itu, menghindari makanan olahan ketika Anda sedang pilek.

4. Acar

Acar adalah makanan yang mengandung cuka atau gara, yang merupakan bahan untuk meningkatkan peradangan pada radang tenggorokan.

5. Keripik

Jika Anda flu dissertai batuk atau sakit tenggorokan, cemilan renyah seperti keripik bisa mengiritasi tenggorokan dan memperpanjang masalah kesehatan Anda.

Editor: Eko Fajri