Bunda Ingat Pentingnya Mengetahui 3 Gaya Belajar Ini, Si Kecil Pakai yang Mana?

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Setiap anak memiliki gaya belajar yang berbeda. Karenanya, penting bagi orangtua mengenali gaya belajar anak selama di rumah aja.

Hal itu dapat membantu anak lebih efektif dalam menyerap materi pelajaran meski ia harus belajar seorang diri di rumah.

baca juga: Kurang Aktivitas Fisik Tingkatkan Resiko Darah Tinggi, Ini Cara Mengatasinya

Platform belajar onljne Ruangguru, mengajak oranttua untuk lebih mengenali gaya belajar yang dibagi menjadi tiga sebagai berikut:

1. Auditori

baca juga: Ini Bocoran Materi Tes CPNS 2021, Mulai dari TWK Hingga TKP

Gaya belajar yang satu ini adalah tipe yang memanfaatkan indera pendengaran. Orang yang memiliki tipe auditori akan lebih sensitif pada suara.

Misalnya, jika menyukai belajar dengan diiringi suara seperti musik atau mendengarkan penjelasan materi melalui podcast, senang berdiskusi dan menjelaskan sesuatu panjang lebar, tipe belajar itu tergolong auditori.

baca juga: Ini Cara Menghilangkan Iklan Muncul Tiba-tiba di HP Samsung

2. Visual

Tipe belajar yang satu ini hampir digemari oleh kebanyakan orang dengan memanfaatkan indera penglihatan.

baca juga: 4 Teori Stephen Hawking Ini Telah Terbukti, Beberapa Lagi Masih Jadi Misteri

Tipe belajar visual cenderung dimiliki orang-orang yang menyukai belajar dengan gambar, warna, dan membuat catatan yang rapi. Orang yang memiliki tipe belajar ini akan lebih mudah mengingat sesuatu jika ia melihat langsung daripada mendengarkan.

3. Kinestetik

Tipe belajar ini perlu memanfaatkan sentuhan dan fisik. Jika kamu menyukai pembelajaran dengan aktivitas fisik seperti menggunakan objek nyata sebagai alat bantu belajar , banyak menggunakan isyarat tubuh, menyukai permainan dan olahraga, belajar melalui praktik, tipe belajar kamu adalah tipe kinestetik.

Editor: Eko Fajri