Muncul Tanda SOS di Pulau Laki Diduga Ada Korban Sriwija Air Selamat, Basarnas Tidak Mau Berspekulasi

muncul tanda SOS di Pulau Laki
muncul tanda SOS di Pulau Laki (Google Maps)

KLIKPOSITIF - Jagat duniaya maya digegerkan dengan munculnya tanda SOS yang terpantau di Google Maps diduga merupakan penumpang pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta. Terkait kemunculan tanda SOS di sekitar Pulau Laki, warganet pun ramai-ramai meminta Basarnas untuk mengecek sinyal diduga dari penumpang yang selamat.

Menanggapi hal itu, Direktur Operasi Basarnas Brigjen Rasman MS mengaku akan segera menelusuri soal tanda SOS yang viral di medua sosial itu. Namun menurutnya, sejauh ini pihaknya belum mendapatkan informasi terkait kebenaran tanda SOS tersebut.

baca juga: Jangan salah, Begini Ciri - Ciri Ikan Tongkol Segar

"Sampai saat ini saya belum menerima informasi tersebut, belum menerima datanya, nanti kita akan cek, sesuai dengan informasi yang diberikan tadi," kata Brigjen Rasman kepada wartawan di JICT, Tanjung Priok, Rabu (20/1/2021).

Rasman menjelaskan bahwa memang ada beberapa tim SAR yang mendirikan posko di Pulau Laki untuk memudahkan pencarian, namun belum dapat memastikan sinyal SOS itu berasal dari mana.

baca juga: Menkeu Sebut Prospek Pemulihan Ekonomi Semakin Membaik

"Tim penyelam kita itu ada yang berposko di Pulau Lancang dan Pulau Laki, dan Tanjung Kait, jadi mereka membentuk posko itu untuk memudahkan mereka bergerak, karena tidak semua ada di atas kapal, kapal jumlahnya terbatas, mereka lebih mudah jika berada di pulau itu, mungkin itu, tapi saya tidak mau berspekulasi, nanti kita akan cek," jelasnya.

Rasman juga menegaskan bahwa hingga saat ini belum ada tanda-tanda adanya korban selamat dari peristiwa jatuhnya pesawat Boeing 737-500 tersebut.

baca juga: Pemerintah Buat Satgas Khusus untuk Awasi Pembayaran THR

"Sampai saat ini tidak ada keterangan yang kita dapatkan bahwa ada penumpang yang hidup, jadi tanda sos tadi kita coba dalami nanti, saya tidak mau berspekulasi," kata dia.

Pulau Laki diketahui merupakan titik area jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 rute Jakarta-Pontianak. Kekinian, warganet pun heboh karena muncul tulisan SOS di area tersebut pada aplikasi Google Map. Tampak terlihat simbol berwarna hijau bertuliskan SOS di Pulau Laki.

baca juga: Soal Reshuffle Kabinet Usai Jokowi Bertemu Megawati, Begini Respon PDI P

Tanda SOS di Pulau Laki itu masih terlihat hingga pagi ini saat diakses melalui aplikasi Google Maps . Hal itu dapat diketahui dengan menuliskan kata kunci Pulau Laki di Google Maps .

Sebagai informasi, pihak Google memang memberikan tanda khusus apabila terjadi bencana atau insiden tertentu, sampai artikel ini diturunkan pihak Google belum memberikan klarifikasi.

Sumber: Suara.com

Editor: Eko Fajri