31 Nagari di Pessel Bakal Gelar Pilwana, Ini Jadwalnya

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Sebanyak 31 Nagari di Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel ), Sumatera Barat akan menggelar pemilihan wali nagari ( Pilwana ) serentak pada April 2021 nanti. Jumlah itu bertambah sebanyak 12 nagari, dari sebelumnya yang hanya 19 nagari.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PMDP2KB) Pessel , Wendi mengungkapkan, Pemkab sudah menyediakan anggaran senilai Rp.200 juta.

baca juga: Menengok Tradisi Balimau Masyarakat Ganting Kubang Sambut Ramadan

"Bertambah lagi 12 nagari yang habis masa jabatan sehingga tahun ini pemilihan digelar serentak untuk 31 nagari," ungkapnya pada KLIKPOSITIF .

Ia menjelaskan, dari 31 nagari tersebut seharusnya sebanyak 19 nagari sudah usai Pilwana pada April 2020 lalu. Namun karena pandemi, pelaksanaan ditunda dan digelar serentak April 2021 nanti.

baca juga: Pemkab Pessel Anggarkan Bantuan Safari Ramadan Rp7,5 Juta Per Masjid dan Musala

"Pjs wali nagari juga harus menyusun rencana kegiatan pelaksanaan pemilihan, pembentukan panitia, hingga mempersiapkan logistik,"ujarnya.

Selain itu, pemerintahan nagari yang melaksanakan Pilwana juga mengalokasikan dana nagari. Sebab, terkait kegiatan yang tidak dianggarkan dalam APBD kabupaten tersebut, ditopangi melalui dana nagari.

baca juga: Agendakan 55 Kunjungan, Begini Teknis Safari Ramadan Pemkab Pessel Tahun Ini

Ia berharap, pelaksanaan Pilwana Serentak nantinya dapat berjalan lancar dan diingatkan untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan dan mematuhi anjuran pemerintah.

"Tetap patuhi protokol kesehatan. Jangan sampai Pilwana menimbulkan kluster penyebaran Covid-19," tutupnya.

baca juga: Dukung Program Kelautan dan Nelayan, Ini Komitmen Bupati Pessel dengan Danlantamal II Padang

Diketahui, Pessel merupakan salah satu kabupaten dengan nagari terbanyak di Sumbar. Dari 15 kecamatan, Pessel memiliki 182 nagari dengan anggaran desa terbesar di Sumbar.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Fitria Marlina