Musim Hujan Datang, Banjir Hingga Longsor Kepung Solok

Ilustrasi
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Haswandi)

SOLOK, KLIKPOSITIF - Kabupaten Solok dikepung banjir dan tanah longsor . Data sementara BPBD Kabupaten Solok - Sumbar, sedikitnya ada tiga nagari dalam dua kecamatan di Kabupaten Solok dilanda banjir , Selasa (12/1/2021).

Nagari yang terdampak di Kecamatan Kubung diantaranya, Nagari Selayo dan Nagari Kotobaru. Sementara di Kecamatan Bukik Sundi, Nagari Muaro Paneh.

baca juga: KNPI Pessel Ingatkan Pemkab Soal Illegal Logging dalam Penanganan Banjir di Tapan

"Data sementara yang kita terima, keluarga terdampak di Nagari Selayo 800 KK, Kotobaru 189 KK dan Muara Panas 500 KK," ungkap Kalaksa BPBD Kabupaten Solok , Armen AP, Selasa sore.

Banjir yang terjadi dipicu akibat meluapnya aliran Batang Lembang yang melalui kawasan nagari terdampak. Tingginya debit air tidak mampu ditampung oleh badan sungai.

baca juga: Banjir Bandang NTT, BNPB: Ratusan Orang Meninggal, Ribuan Warga Mengungsi

Banjir diketahui terjadi sekitar dinihari, air meluap menggenangi badan jalan dan pemukiman warga. Ketinggian air bervariasi, dari sebatas pinggang hingga seukuran dada orang dewasa.

Menjelang pagi hingga siang, air mulai surut. Warga harus berjibaku membersihkan sisa material lumpur yang ditinggalkan oleh banjir .

baca juga: Banjir Bandang di NTT, BNPB: Korban Jiwa Sementara 128 Orang

Selain banjir , longsor dan jematn putus juga dilaporkan terjadi di dua daerah di kabupaten Solok. Jalan putus mengisolasi sekitar 200 KK di Kayu Jangguik, Jorong Taratak Tangah, Nagari Talang Babungo.

"Jalan terban dan terbawa arus sungai yang sangat deras, saat ini tengah dibuka jalan alternatif bersama warga setempat," terangnya.

baca juga: Gubernur Sumbar: Menjaga Nilai Minangkabau

Kemudian, jembatan penghubung antara kawasan Batu Banyak dan Limau Lunggo juga dilaporkan ambruk ke dasar sungai. Diduga jembatan tak kuat menahan kuatnya arus yang disertai berbagai material.

"Sampai saat ini, tim kita masih melakukan pendataan terhadap berbagai wilayah lainnya yang terdampak bencana di kabupaten Solok," tutup Armen.

Penulis: Syafriadi | Editor: Haswandi