Tayangkan Aksi Penyerangan Gedung Capitol, Aplikasi Parler Diblokir

Parler
Parler (net)

KLIKPOSITIF - Aplikasi Parler resmi diblokir dari layanan App Store karena dianggap memuat konten kerusuhan AS. Apple dalam keterangan resminya yang dikutip dari MacRumors, menuturkan tidak memberi ruang aplikasi memuat konten kekerasan dan aktivitas ilegal.

Untuk itu, saat ini perusahaan resmi memblokir Parler dari App Store hingga masalah diselesaikan. Sebelumnya, Apple sempat menyurati Parler terkait dengan konten kekerasan yang dimuat, Jumat (8/11).

baca juga: Rencana Hapus Like Mendapat Beragam Respon, Instagram Kembangkan Fitur Baru

Dalam surat tersebut, Apple mengaku mendapat keluhan bahwa Parler telah digunakan oleh pendukung Donald Trump untuk merencanakan dan mengkoordinasikan penyerbuan gedung Capitol AS, Rabu (6/11). Bagi Apple , hal tersebut dianggap dapat menimbulkan kekerasan dan melanggar pedoman yang telah dibuat.

Parler pun diberi batas waktu selama 24 jam untuk menghadirkan pembaruan aplikasi dan perbaikan moderasi. Mengetahui hal tersebut, Pihak Parler memberikan tanggapannya. Mereka mengaku telah menghapus konten-konten berbahaya dalam layanannya.

baca juga: Fitur Baru, Google Assistant Bisa Bantu Temukan iPhone yang Hilang

Selain itu, Parler juga tengah menerapkan upaya moderasi dan menghadirkan pembaruan aplikasi. Tanggapan tersebut, diklaim Apple tidak merujuk pada kenyataan yang terjadi di dalam layanan. Proses moderasi dan pencegahan yang dilakukan, terbukti tidak membuahkan hasil.

Parley diketahui telah melanggar Pedoman 1.1 - Keselamatan - Konten yang Tidak Menyenangkan dan Pedoman 1.2 - Keamanan - Konten yang Dihasilkan Pengguna. Maka dari itu, Apple memutuskan untuk memblokir Parley dari App Store hingga ada pembaruan lebih lanjut.

baca juga: Update Baru WhatsApp, Perubahan Pada Tampilan Media

Editor: Ramadhani