Riset Ungkap Pasangan yang Bertemu Lewat Aplikasi Kencan Bisa Lebih Serius

Aplikasi Tinder
Aplikasi Tinder (net)

KLIKPOSITIF - Sebuah studi baru mengungkapkan bahwa pasangan yang bertemu melalui aplikasi kencan sebenarnya membentuk ikatan yang dalam. Studi yang diterbitkan di PLOS One menemukan hubungan pasangan itu mungkin lebih dalam daripada orang yang bertemu secara kebetulan atau secara langsung.

Untuk survei tersebut, peneliti Swiss menganalisis data 2018 pada 3.250 orang dewasa yang menjawab Panel Rumah Tangga Swiss. Basis data itu mengumpulkan informasi dari peserta tentang hubungan mereka, seperti bagaimana mereka bertemu dan apa yang mereka inginkan untuk maju dengan pasangan mereka.

baca juga: Baca Alquran Pakai HP, Bagaimana Hukumnya?

Setidaknya 500 orang di antaranya ada meraka yang bertemu pasangan mereka melalui aplikasi kencan online, situs web, atau layanan kencan digital. Terlepas dari anggapan banyak orang tentang aplikasi dan komitmen kencan, mereka yang bertemu secara online sebenarnya lebih cenderung ingin hidup bersama dalam waktu dekat dan menginginkan anak dibandingkan dengan pasangan yang bertemu secara offline.

"Kami benar-benar menemukan bahwa dengan cara tertentu pasangan yang bertemu melalui aplikasi kencan memiliki pembentukan keluarga atau niat hubungan jangka panjang yang lebih kuat daripada pasangan lain yang bertemu baik secara offline atau melalui cara pertemuan digital lainnya," kata Dr. Gina Potarca, penulis utama penelitian pada The Guardian.

baca juga: Facebook Beri Update, Kini Ada Fitur Schedule di Instagram Stories

Para peneliti menemukan bahwa di Swiss pasangan lebih umum bertemu secara online dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Mereka juga menemukan aplikasi menyatukan orang-orang dari berbagai latar belakang dan bagian negara.

Meskipun data tidak menjamin Anda akan menemukan belahan jiwa Anda di Tinder atau BeeTalk, studi ini menunjukkan tren yang berkembang dari orang-orang yang bertemu orang penting mereka secara online.

baca juga: Tak Terima Aturan Baru dari WhatsApp, Ini yang Akan Terjadi Pada Akun Pengguna

Editor: Ramadhani