Simbol Negara Dilecehkan, Anang Hermansyah : Ini Pasti Mengusik Warga Negara

Anang Hermansyah
Anang Hermansyah (Suara.com/Ismail)

KLIKPOSITIF - Musisi Anang Hermansyah sadar hubungan Indonesia dan Malaysia kerap panas dingin. Tapi menurut dia, video parodi lagu Indonesia Raya yang diduga dibuat warga Malaysia sudah kelewat batas.

"Iya (sudah fatal) membawa simbol negara. Ini pasti mengusik warga negara," kata Anang Hermansyah saat dihubungi Suara.com, media jaringan KLIKPOSITIF .com, Senin (28/12/2020).

baca juga: Unggah Video Cuplikan Ikatan Cinta, Amanda Manopo: Kangen Sama Pekerjaan Dulu, Sekarang Sudah Berbeda

Mantan anggota DRP RI ini mengatakan, tak hanya Indonesia yang marah jika simbol negaranya dihina. Semua negara akan dipenuhi amarah saat negara kebangsaan mereka diperlakukan seperti itu.

"Malaysia pun nggak akan terima pada saat lagu kebangsaan dia kita acak-acak, dia pasti tidak terima, hal yang sama akan dihadapkan," ujar suami Ashanty ini.

baca juga: Raffi Ahmad Akui Pernikahannya Sempat Diambang Kehancuran, Nagita Pelindung Gue

Menurut Anang, masyarakat Indonesia sudah sangat sabar hadapi berbagai perselisihan dengan Malaysia di masa lalu. Tapi dia tak bisa memastikan apakah sikap lapang juga akan berlaku untuk persoalan sekarang.

"Peristiwa ini sudah mengusik martabat. Itu lagu yang kita agung-agungkan, artinya kita agungkan dalam artian lagu yang mempersatukan negara ini," kata Anang Hermansyah .

baca juga: Bikin Nikita Mirzani Tertawa Ketika Bicara Tontonan Anak-anak Sekarang, Mongol : Api Dari Mana Ya Nyala Dalam Air

"Negara kita tuh berisi suku bangsa, suku bangsa, betapa lagu ini bisa mempersatukan bahwa lagu inilah yang menjadi hal yang cukup luar biasa buat kita. Ini yang aku merasa juga, kok bisa begini sih gitu," ujar Anang lagi.

Seperti diketahui, lagu kebangsaan Indonesia Raya dibuat parodi oleh akun Youtube MY Asean dan viral di media sosial. Aransemen dan lirik lagu Indonesia Raya diubah total dengan nada penghinaan. Pelakunya diduga warganet asal Malaysia.

baca juga: Ingin Menjadi Ratu Halu dan Menjadi Legend Biar Wow, Barbie Kumalasari : Keren Tapi Kan, Gak Pernah Ada Lho

Video berdurasi 1.31 menit itu diposting sekitar 2 pekan lalu.

Sumber : suara.com

Editor: Haswandi