Ombudsman Temukan TPS Tak Lakukan Protokol Kesehatan

Kepala Ombudsman Sumbar, Yefri Heriani
Kepala Ombudsman Sumbar, Yefri Heriani (Halbert Caniago)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Ombudsman Sumatera Barat menemukan 36 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tidak melaksanakan protokol kesehatan dengan baik pada Pemilihan Kepala Daerah ( Pilkada ) 2020 9 Desember 2020 lalu.

"Pemantauan ini dilakukan untuk memastikan bahwa penyelenggara pilkada benar-benar melakukan tanggung jawab pelayanan publiknya dengan memastikan keselamatan pemilih dari covid 19," kata Kepala Ombudsman Perwakolan Sumbar , Yefri Heriani, Jumat 11 Desember 2020.

baca juga: Awal Ajaran 2021-2022, Bupati Pessel Serahkan Izin Operasional Sekolah kepada Kordikcam

Ia mengatakan, pemantau cepat tersebut dilakukan dengan menggunakan form kuesioner, dengan 15 pertanyaan dan menggunakan metode observasi dan wawancara terbuka kepada Ketua KPPS di 48 TPS.

"Kami melakukan surfei ini di Kota Padang dan Kabupaten Padang Pariaman," lanjutnya.

baca juga: Ditanya Deddy Corbuzier Kemungkinan Maju di Pilpres 2024, Prabowo: Lu Ngomong Presiden Melulu

Pelanggaran tersebut menurutnya terjadi di Kecamatan Padang Barat, Kecamatan Padang Timur, Kecamatan Padang Selatan, Kecamatan Padang Utara, Kecamatan Lubuk Begalung, Kecamatan Nanggalo, Kecamatan Koto Tangah, Kecamatan Ulakan Tapakis, Kecamatan Lubuk Alung dan Kecamatan Batang Anai.

"Temuan kajian ini adalah, dari 48 TPS ditemukan 16 TPS menerapkan maksimal protokol kesehatan dan 32 TPS belum maksimal dalam menerapkan protokol kesehatan," lanjutnya.

baca juga: Puncak Langkisau Suguhkan View Indah Bagi Atlet Paralayang Pesona Langkisau 2021

Selain itu, ada enam TPS tidak memberikan imbauan kepada pemilih yang telah selesai memberikan hak suara untuk membuka sarung tangan.

Selain itu, pihaknya menemukan 8 TPS tidak mengatur kedatangan pemilih berdasarkan jadwal tertentu. Sembilan TPS tidak memperhatikan jarak kursi bagi pemilih yang menunggu giliran untuk mencoblos.

baca juga: Petugas Lapas Pariaman Geledah Kamar Napi, Senjata Tajam dan HP Ditemukan

Menurutnya, temuan lain yang diperoleh tidak terdapat garis batas antara petugas dan pemilih dan garis jarak antrian saat masuk TPS.

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Ramadhani