Ayo Cegah Masalah Mata hingga Kanker dengan Konsumsi 4 Buah dan Sayuran Hijau ini

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Buah dan sayuran hijau memang dikenal memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan . Sebab sayuran atau buah hijau sering kali mengandung berbagai vitamin, mineral, dan serat esensial.

"Warna hijau dikaitkan dengan vitamin dan sejumlah fitokimia yang meningkatkan kesehatan ," kata Christine M. Palumbo, RDN, konsultan nutrisi dari Naperville, Illinois pada Everyday Health.

baca juga: 2.320 Dosis Vaksin Corona Sampai di Payakumbuh

Fitokimia adalah zat dalam tanaman yang penting untuk kesehatan . Melansir dari Everyday Health, berikut adalah beberapa sayur atau buah hijau yang bermanfaat bagi kesehaan, antara lain:

1. Alpukat

baca juga: Virus Nipah Jadi Ancaman Pandemi Selanjutnya, Ini Fakta dan Gejalanya

Menurut MedlinePlus, lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat adalah salah satu lemak sehat yang dapat membantu menurunkan kolesterol LDL atau jahat. Lemak tak jenuh dalam alpukat juga membantu mengembangkan dan memelihara sel tubuh.

Satu buah alpukat utuh juga mengandung 2,8 miligram vitamin E di mana memenuhi sekitar 19 persen kebutuhan harian. Ulasan studi hewan yang diterbitkan pada International Journal of Molecular Sciences menunjukkan bahwa vitamin E dapat membantu meningkatkan masalah kognitif dan memori.

baca juga: Ini Daftar Provinsi yang Rumah Sakitnya Hampir Penuh dengan Pasien Covid-19

Menurut ulasan yang diterbitkan pada jurnal Nutrients, lutein dalam alpukat dapat memperbaiki atau mencegah degenerasi makula terkait usia. Degredasi makula menjadi salah satu penyebab kebutaan dan gangguan penglihatan.

2. Kiwi

baca juga: Sri Mulyani: APBN 2020 Telah Mampu Jaga Kontraksi Perekonomian Dampak Covid-19, 2021 Optimis

Selain mengandung tinggi serat, kiwi juga memiliki serotonin yang bisa membantu meningkatkan kualitas tidur. "Menariknya, penelitian menunjukkan bahwa kiwi mengandung serotonin yang mungkin bermanfaat bagi mereka yang mengalami gangguan tidur," kata Natalie Rizzo, RD, pendiri Nutrition la Natalie yang berbasis di New York City.

Menurut sebuah penelitian kecil, makan buah kiwi secara teratur dapat membantu orang lebih mudah tertidur, serta memiliki tidur yang lebih lama dan berkualitas.

3. Kale

Senyawa dalam kale yang disebut glukosinolat dipecah dalam pencernaan dan membentuk senyawa yang disebut indoles dan isothiocyanate. Menurut National Cancer Institute, kandungan ini dikenal untuk menghentikan pertumbuhan kanker tertentu pada hewan penelitian laboratorium.

National Cancer Institute mencatat bahwa lebih banyak penelitian perlu dilakukan tetapi kale dsebut potensial dalam pencegahan kanker seperti prostat, kolorektal, paru-paru, dan payudara.

4. Rumput Laut

Rumput laut dikenal kaya mineral, sementara 1 cangkir rumput laut kering memiliki 3,7 mg zat besi. Menurut Institut Kesehatan Nasional Amerika Serikat (NIH), zat besi membantu pertumbuhan, perkembangan, dan produksi hormon.

Secangkir rumput laut juga menawarkan 0,6 mg zinc. Mineral ini penting untuk membantu sistem kekebalan melawan virus dan bakteri.

Editor: Eko Fajri