Masyarakat Payakumbuh Makin Antusias Bersepeda, Pemko Siapkan Tempat Parkir Khusus

Salah seorang warga Payakumbuh dengan sepedanya.
Salah seorang warga Payakumbuh dengan sepedanya. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Antusiasme masyarakat yang dalam beberapa waktu belakangan cukup tinggi dalam bersepeda disikapi Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh dengan mulai merancang tempat parkir khusus sepeda di beberapa fasilitas umum yang terdapat di daerah tersebut.

"Antusias masyarakat Payakumbuh bersepeda sebenarnya sudah lama, tapi akhir-akhir ini memang meningkat drastis. Kalau sudah disediakan tempat parkir ini tentu masyarakat akan merasa aman ketika membawa sepeda ke lokasi fasilitas umum," kata Plt Kepala Dishub Payakumbuh Aplimadanar, Rabu (1/10).

baca juga: Terpilih di TC GSI Nasional, Sebanyak 3 Pelajar SMP Payakumbuh Berpeluang Tembus Timnas U-16

Diantara fasilitas umum yang direncanakan akan dibangun tempat parkir khusus sepeda adalah pasar dan di beberapa titik lokasi pariwisata di Payakumbuh . Seluruh kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga ditargetkan memiliki tempat parkir sepeda .

"Kalau memang sudah ada parkir sepeda ini di kantor OPD, baru dapat dicanangkan untuk bersepeda ke kantor. Masyarakat pun dalam berurusan ke kantor pemerintahan juga telah dapat menggunakan sepeda ," sebutnya.

baca juga: Kembangkan Tenun Balai Panjang, Pemko Payakumbuh dan BI Sumbar Tandatangani Nota Kesepahaman

Pihaknya juga tengah menyusun terkait pencanangan hari bersepeda ke kantor setiap Jumat.

"Selain yang utama untuk kesehatan, hal ini juga akan mengurangi polusi udara," katanya.

baca juga: Ini Kata Pertamina Region I Terkait Rembesan Tanki Pertalite di SPBU Payakumbuh

Terkait jalur sepeda , Aplimadanar menyebutkan hal itu mungkin saja belum dapat dilakukan oleh Pemkot Payakumbuh . Diakuinya bahwa hal tersebut tidak terlepas dari pandemi COVID-19 yang berdampak kepada ketersediaan anggaran.

"Kalau targetnya itu memang sudah ada di 2021, tapi dengan kondisi saat ini mungkin belum bisa. Setidaknya tahun depan kami usahakan bisa membuat lokasi parkir," ujarnya. (*)

baca juga: Laporan Kinerja DPRD Kota Payakumbuh Tahun 2020, Sampai Bentuk Pansus Tangani Covid-19

Editor: Taufik Hidayat