TMMD 109 di Pessel, Para Personel TNI Tak Tinggal Bersama Orang Tua Angkat

Personel TMMD ke 109 saat membersihkan gedung penyuluhan KB sebagai tempat tinggal sementara
Personel TMMD ke 109 saat membersihkan gedung penyuluhan KB sebagai tempat tinggal sementara (Pendim 0311 Pessel)

PESSEL , KLIKPOSITIF -Satuan tugas (Satgas) Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 109 di Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel ), Sumatera Barat terus berlanjut. Berbeda dengan TMMD sebelumnya, di tengah pandemi ini personel tak tinggal di rumah warga.

Koordinator Umum TMMD 109 Pasiter Kodim 0311 Pessel , Kapten Inf. Rudi Saragih mengungkapkan, hal itu masa pandemi yang belum berakhir. Sebab, mencegah penyebaran protokol COVID perlu dilakukan menimalisir terjadi jumlah penghuni di rumah warga.

baca juga: Rencana PPN Pada Jasa Layanan Bersalin Menuai Kritikan dari Masyarakat Sumbar

"Biasanya tinggal bersama masyarakat, sekarang personil Satgas harus tinggal terpisah dari masyarakat, seperti di rumah masyarakat yang kosong maupun perkantoran yang bisa dipakai untuk ditempati, mengingat masa pandemi Covid-19 seperti ini," ungkapnya.

Untuk menimalisir jumlah penghuni rumah warga, sebagai personel Satgas TMMD ke 109 ditempatkan gedung Penyuluhan KB IV Nagari Bayang Utara, tepatnya di Nagari Puluik Puluik Utara.

baca juga: 118 Orang Terjaring Operasi Yustisi di Pasar Baru Pessel

Tampak aktivitas gabungan personel dari satuan Denkesyah dan Denhub Padang membersihkan kantor pemerintah tersebut. Namun, kendati demikian tujuan TMMD tak sedikit berkurang. Karena prioritas TMMD adalah untuk meningkatkan pembangunan dan membuat soliditas dengan rakyat berjalan baik.

"Meskipun demikian, keadaan seperti ini tidak mengurangi maksud dan tujuan TMMD sendiri," terangnya.

baca juga: Awal Ajaran 2021-2022, Bupati Pessel Serahkan Izin Operasional Sekolah kepada Kordikcam

Sebelumnya untuk mengikuti protokol kesehatan COVID, petugas jufa dilakukan rapid test. Setidaknya, diikuti oleh seluruh personel dengan jumlah 150 orang baik dari pasukan BKO ataupun personil Kodim.

Meski personel tidak tinggal di rumah warga pada masa pandemi , ia pelaksanaan TMMD bisa berjalan dengan baik, tepat sasaran dan selalu menerapkan protokol kesehatan.

baca juga: Nelayan yang Hanyut Setelah Perahunya Dihantam Gelombang di Surantih Belum Juga Ditemukan

"Terus berbaur dengan masyarakat dengan menerapkan mencuci tangan, pakai masker dan mejaga jarak. Sehingga tujuan utama TMMD dapat terwujud, yaitu kemanunggalan TNI dan Rakyat," tutupnya.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Ramadhani