Mahasiswa Baru UMMY Solok Ikuti Pengenalan Kehidupan Kampus

Sekretaris IKA UMMY Solok, Dr. Ramadhani Kirana Putra memberikan motivasi bagi mahasiswa baru UMMY Solok
Sekretaris IKA UMMY Solok, Dr. Ramadhani Kirana Putra memberikan motivasi bagi mahasiswa baru UMMY Solok (Klikpositif)

SOLOK , KLIKPOSITIF - Ratusan Mahasiswa baru Universitas Mahaputra Muhammad Yamin (UMMY) Solok menjalani Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB), Selasa (29/9/2020) di gedung Kubuang Tigobaleh, Kota Solok .

Berbeda dengan tahun sebelumnya, sebanyak 283 mahasiswa baru menjalani kegiatan awal pengenalan kampus dengan protokol kesehatan ketat. Seluruh mahasiswa menggunakan masker dan face Shield serta menjaga jarak.

baca juga: Jalani TCM, Seorang Ibu Hamil di Kota Solok Positif Covid-19

Pembukaan dihadiri langsung ketua yayasan Profesor Muhammad Yamin Sarjana Hukum, Suryadi Hasmi. Civitas akademika UMMY Solok serta Sekretaris Ikatan Keluarga Alumni UMMY Solok , Dr. Ramadhani Kirana Putra.

Menurut Dr. Ramadhani Kirana Putra, UMMY Solok hadir sebagai salah satu jawaban dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara. Kampus UMMY telah banyak melahirkan alumni yang berhasil berkiprah di berbagai bidang.

baca juga: Bawaslu Solsel Harapkan Pengawasan Partisipatif Meningkat Menjelang Hari Pemungutan Suara

"Dari kapasitasnya sebagai perguruan tinggi, UMMY Solok telah mampu berdiri sejajar dengan kampus lainnya di Sumatra Barat, alumninya sudah teruji dan sukses berkiprah di berbagai lini," terang Dhani.

Tidak sedikit alumni UMMY yang berkiprah di struktural pemerintahan, salah satunya Dr. Liferdi Lukman yang saat ini menjabat direktur buah dan florikultura Kementrian Pertanian, pejabat publik dan lainnya.

baca juga: Lagi, Kereta Api Tabrak Mobil di Pariaman

Secara prestasi akademis, Mahasiswa UMMY Solok juga tidak ketinggalan. Berbagai prestasi ditorehkan, tidak hanya di daerah Sumatra Barat dan Nasional tapi juga Internasional.

Salah satunya, menjadi wakil Indonesia dalam acara Young South East Asian Leaders Initiative (YSEALS) Academic Fellowship 2017 yang digelar di Amerika Serikat. Begitu juga dengan dosennya yang sering mengikuti seminar internasional.

baca juga: Peduli Terhadap Penanganan COVID-19, Bank Nagari Cabang Tapan Swab Seluruh Pegawainya

Dirinya menegaskan, kampus UMMY Solok bukanlah perguruan tinggi pelarian tapi merupakan kampus pilihan, tempat menimba ilmu dan membuka jaringan. Sukses itu tidak tergantung dari kampus tapi keseriusan dan perjuangan.

"Adik-adik mahasiswa semuanya, jangan pernah pesimis, harus bangga berkuliah di UMMY Solok . Saya salah satu orang yang sangat bangga kuliah disini, begitu juga dengan alumni lainnya," tutupnya.

Sementara itu, ketua Yayasan Profesor Muhammad Yamin Sarjana Hukum, Suryadi Hasmi mengatakan, Kampus dan IP yang tinggi hanyalah faktor ke sekian yang menentukan kesuksesan seseorang.

"Kampus itu hanyalah wadah, tergantung mahasiswa berproses didalamnya, manfaatkan kesempatan kuliah seluas luasnya untuk menambah ilmu, menambah jaringan seluas mungkin," terangnya.

Dirinya juga berpesan, agar mahasiswa tidak hanya unggul dalam prestasi akademik tapi juga aktif dalam berbagai organisasi lainnya. Kemampuan akademis dan juga soft skill yang terasah melalui organisasi menjadi bekal untuk sukses kedepannya.

"Selamat mengikuti kehidupan kampus, berproseslah dengan baik dan jaga nama besar Profesor Muhammad Yamin, yang menjadi kebanggaan kita semua," bebernya sembari membuka dengan resmi kegiatan PKKMB tahun ajaran 2020/2021.

Penulis: Syafriadi | Editor: Ramadhani