Cuti Pilkada, Wako dan Wawako Solok Serahkan Aset dan Fasilitas

Wako Solok, Zul Elfian menandatangani berita acara serah terima di rumah dinas.
Wako Solok, Zul Elfian menandatangani berita acara serah terima di rumah dinas. (Prokomp)

SOLOK KOTA , KLIKPOSITIF - Maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Walikota (Wako) Solok Zul Elfian dan Wakil Walikota (Wawako) Solok Reinier secara resmi menyerahkan fasilitas dan aset jabatan pimpinan daerah, Jumat (25/9/2020).

Penyerahan fasilitas berupa kendaraan dan rumah dinas serta aset lainnya dilakukan di kediaman dinas masing-masing. Penyerahan aset dilakukan langsung oleh Wako dan Wawako kepada Sekda Kota Solok , Syaiful Rustam.

baca juga: Kembali Zona Orange, Kota Solok Urungkan Sekolah Tatap Muka

Turut mendampingi, Asisten Sekda Bidang Administrasi Umum, Muhammad, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Solok , Dedi Asmar, Kebag Umum Zulferi, Kepala Bagian Pemerintahan, Hendri, Kepala Bagian Prokomp Nurzal Gustim, serta perwakilan dari Inspektorat.

Pantauan KLIKPOSITIF di kediaman dinas Wako Solok , Zul Elfian tampak membawa sebuah koper yang berisi barang barang pribadi, begitu juga dengan ketua TP-PKK Kota Solok juga membawa baju dan barang-barang milik pribadinya.

baca juga: Pilkada 2020, Seluruh TPS di Kota Solok Bakal Terapkan Protokol Kesehatan

Zul Elfian bersama istri menghuni sebuah rumah di kawasan Batu Gadang, kelurahan Simpang Rumbio kota Solok . Zul Elfian bakal cuti sampai 6 Desember 2020 dan kembali lagi ke rumah dinas.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Wakil Wali Kota Solok , Reinier, barang-barang pribadi miliknya beserta istri juga dibawa dari rumah dinas. Reinier dan istri bakal tinggal di rumah keluarga di elurahan VI Suku, Kota Solok .

baca juga: KPU dan Pemko Solok Pastikan Pungut Hitung Pilkada 2020 Sesuai Protokol Covid-19

Sekda Kota Solok , Syaiful Rustam mengatakan, penyerahan aset dan fasilitas dilakukan sehubungan dengan cuti di luar tanggungan negara bagi kepala daerah dan wakil kepala daerah yang mencalonkan kembali di daerah yang sama.

Sesuai Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang perubahan kedua atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota menjadi Undang-Undang.

baca juga: Sempat Turun, Kasus Positif Covid-19 di Kota Solok Bertambah 10 Orang

Dan juga Permendagri Nomor 74 Tahun 2016 tentang cuti Di Luar Tanggungan Negara bagi Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota, memuat ketentuan yang menegaskan bahwa Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota yang mencalonkan kembali pada daerah yang sama, selama masa kampanye harus menjalani cuti di luar tanggungan negara.

"Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota dalam menjalankan kampanye dilarang menggunakan fasilitas yang terkait dengan jabatannya," terang Sekda.

Penulis: Syafriadi | Editor: Khadijah