KPU Pessel Minta Paslon Segera Serahkan Rekening Dana Kampanye

Penyerahan SK penetapan Paslon Pilkada 2020 di KPU Pessel
Penyerahan SK penetapan Paslon Pilkada 2020 di KPU Pessel (istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel ), Sumatera Barat meminta seluruh pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil bupati menyiapkan rekening khusus dana kampanye (RKDK) Pilkada 2020.

Ketua KPU Pessel , Epaldi Bahar mengatakan, KPU Pessel telah menetapkan tiga bank untuk pembuatan, di antaranya Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI) dan Bank Nagari.

baca juga: Hari Ini, Satu Pasien COVID-19 di Pessel Meninggal Dunia

"Ya, silakan masing-masing kandidat memilih bank mana yang disuka. Untuk pengurusan, kami rekomendasikan SK sebagai salah satu syarat untuk mengurusnya," ungkapnya penetapan dan penyerahan SK pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Pessel di Painan, Rabu 23 September 2020.

Penyerahan SK dihadiri masing-masing tim penghubung (LO) pasangan calon. Kepala Kepolisian Resor Pesisir Selatan, AKBP. Sri Wibowo, perwakilan Komandan Distrik Militer 0311 Pesisir Selatan, perwakilan Kepala Kejaksaan Negeri Painan.

baca juga: Dinilai Langgar Protokol Kesehatan, Tim Satgas COVID-19 Pessel Bubarkan Kerumunan di BNI Cabang Painan

Ketua Bawaslu Pessel , Erman Wadison. Kabag Kesbang-pol, Edi Dharma Putera dan Kabid Pemadam Kebakaran Satuan Polisi Pamong Praja, Agung Pribumi. Untuk pelaporan, lanjut Epal, masing-masing kandidat harus memberikan laporan tahap awal pada 25 September.

Secara keseluruhan, pelaporan besaran dana kampanye Pilkada dilakukan dalam 4 tahapan dan terakhir pada hari pertama masa tenang, setelah RKDK selesai dibuat.

baca juga: Begini Cara EL, Perempuan yang Diamankan Pihak Kepolisian Padang Tipu Korbannya

""Nah, selanjutnya akan dilakukan audit secara keseluruhan melalui akuntan publik, mulai dari jumlah, sumber dan realisasi," terangnya.

Sedangkan untuk spesimen rekening masing-masing kandidat, menurut Epal, bisa diteken kandidat. Perwakilan partai politik pengusung pasangan calon atau perwakilan yang ditunjuk pasangan calon atau partai politik pengusung, dengan memberikan surat kuasa.

baca juga: Modus Bisa Loloskan Warga Jadi PNS, Seorang Perempuan diamankan Pihak Kepolisian Padang

Diketahui, KPU Pessel sudah menetapkan sebabyak tiga Paslon untuk Pilkada Pessel . Diantaranya, Hendrajoni-Hamd anus disusung 3 Parpol Nasdem, PKS, Dem okrat dengan 15 kursi.

Paslon Rusma Yul Anwar-Rudi Hariansyah diusung 5 Parpol Gerindra, PAN, PBB, Perindo, Berkarya dengan 14 kursi. Dan Paslon Dedi Rahmanto Putra- Arfianof Rajab diusung 5 Golkar, PDI-P, PPP, PKB dan Hanura dengan 16 kursi.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Eko Fajri