Kapolda: Pokdar Mitra Polri Wujudkan Kamtibmas

Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto, Kapolres Padang Panjang AKBP Apri Wibowo, bersama Pengurus Pokdar Kamtibmas Kota Padang Panjang
Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto, Kapolres Padang Panjang AKBP Apri Wibowo, bersama Pengurus Pokdar Kamtibmas Kota Padang Panjang (Ist)

PADANG PANJANG , KLIKPOSITIF - Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto melantik Pengurus Kelompok Sadar Keamanan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas)Wilayah 1 Sumbar, Senin (21/9) di Aula Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Bukittinggi.

"Pengukuhan Pengurus Pokdar Wilayah 1 Sumatera Barat ini, tentunya akan menjadi garda terdepan mengayomi masyarakat menciptakan kondisi dan situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah masing masing," ujar Irjen Pol Toni.

Di hadapan pengurus Pokdar Kamtibmas Wilayah 1 Sumbar yang meliputi Kota Bukittinggi, Padang Panjang , Payakumbuh dan Lima Puluh Kota, Irjen Pol Toni mengungkapkan, pelantikan Pengurus Pokdar tersebut merupakan sejarah baru bagi Sumbar yang mengemban tugas membangun keamanan dan ketertiban di tengah-tengah lingkungan masyarakat.

baca juga: Terbaik di Sumbar, Wako Padang Panjang Terima STBM Award 2020

" Pokdar dilahirkan untuk mewujudkan situasi dan kondisi kamtibmas tetap aman terkendali. Saya harapkan kedepannya Pokdar dapat menyiapkan program- program sekaligus dapat diimplementasikan dalam lingkungan masyarakat. Pokdar ini mitra sekaligus perpanjangan tangan kepolisian," jelas Kapolda Irjen Pol Toni Harmanto.

Sementara Ketua Umum Pokdar Kota Padang Panjang , Allex Saputra mengatakan, pelantikan pengurus Pokdar wilayah 1 Sumbar, khususnya Pokdar Kota Padang Panjang , merupakan sebuah penghargaan yang tinggi sekaligus amanah yang harus dijalankan.

baca juga: Hari Ini, Pasien Positif COVID-19 Padang Panjang Bertambah 6 Orang

Pokdar merupakan organisasi Mitra Polri, ujung tombak yang berfungsi preemtive kepolisian di masyarakat.

Organisasi ini dalam kegiatannya selalu menjadi pelopor dengan segala daya upaya yang terencana serta sistematis menyiapkan, membentuk serta membina masyarakat yang peduli keamanan lingkungan.

baca juga: 29 Oktober 2020, Pasien Positif COVID-19 Padang Panjang Bertambah 22 Orang

"Saya berharap keberadaan organisasi Pokdar Kamtibmas ini dapat bersinergi membantu dalam menanggulangi segala bentuk gangguan Kamtibmas di wilayah hukum Padang Panjang ," katanya.

Allex Saputra menitipkan kepada Kapolda untuk dapat membina pengurus dan anggota pokdar dari tingkat daerah, sektor kecamatan agar dapat bermanfaat dan turut berpartisipasi aktif membantu pemerintah daerah dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat serta menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman.

baca juga: Noer Fajrieansyah dalam Kepedulian Pemuda, Walikota Padang Panjang Salurkan Bantuan Sembako KNPI

"Kita ketahui bahwa jumlah anggota Polri yang ada saat ini masih belum dapat mencapai jumlah yang ideal, sehingga diperlukan partisipasi dan peran aktif dari masyarakat," ungkap Allex Saputra.

Sementara Wakil Ketua I Pokdar Padang Panjang , Basrizal Dt. Panggulu Basa, mengatakan, target Pokdar Padangpanjang dalam waktu dekat akan melakukan perekrutan anggota di tingkat kecamatan.

Dijelaskannya, untuk pengurus Pokdar kamtibmas Kota Serambi Mekah ini, berasal dari berbagai profesi, mulai dari tokoh masyarakat, tokoh agama, para akademisi, praktisi hukum, pengurus lingkungan RT yang peduli akan Kamtibmas di wilayahnya masing-masing.

"Saya ucapkan selamat bekerja, kepada teman- teman pengurus Pokdar Padang Panjang . Laksanakan apa yang menjadi komitmen dan tanggung jawab kita semua sebagai anggota Pokdar sesuai amanat AD ART organisasi. Jaga nama baik institusi Polri sebagai wujud pengabdian kita kepada negara. Mari perkuat koordinasi dengan seluruh jajaran pembina baik di tingkat Polda, Polres, Polsek sampai dengan Bhabinkamtibmas di tiap kelurahan. Tularkan kepada masyarakat akan pentingnya kepedulian dan kesadaran bermasyarakat," ujarnya. (Rj)

Editor: Rezka Delpiera