Rakor Bawaslu Solsel Tentang Pengawasan Pilkada Hasilkan 5 Poin Komitmen

Bawaslu Solsel Besrsama Pihak Terkait didaerah itu Usai menandatangani Fakta Integritas
Bawaslu Solsel Besrsama Pihak Terkait didaerah itu Usai menandatangani Fakta Integritas (Kaka)

SOLSEL KLIKPOSITIF - Bawaslu Solok Selatan ( Solsel ) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dengan berbagai pihak terkait pelaksanaan Pilkada dimasa Pandemi Covid-19.

"Kita tidak ingin dalam tahapan Pilkada ini, kelalaian kita dalam mencegah kerumunan masa, menjadikan klaster baru penyebaran Covid-19 di Daerah ini", kata Ketua Bawaslu Solsel Muhammad Ansyar.

baca juga: Begini Cara EL, Perempuan yang Diamankan Pihak Kepolisian Padang Tipu Korbannya

Rakor tersebut imbuhnya, menghasilkan fakta integritas komitmen mematuhi Protokol Kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19 dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan tahun 2020.

Ada lima point Isi fakta integritas yang ditandatangani tersebut katanya, pertama. Mematuhi Protokol Kesehatan dalam setiap tahapan pemilihan kepala daerah ( Pilkada ).

baca juga: Modus Bisa Loloskan Warga Jadi PNS, Seorang Perempuan diamankan Pihak Kepolisian Padang

Kedua imbuhnya, senantiasa menerapkan prinsip-prinsip kesehatan dan keselamatan bagi setiap partai pengusung dalam mengikuti setiap tahapan kegiatan Pilkada .

"Semua pihak termasuk tim pemenangan pasangan calon yang mengikuti kegiatan selama tahapan pilkada wajib menggunakan alat pelindung diri, serta menjamin untuk tidak melanggar Protokol Kesehatan", katanya

baca juga: Kereta Api Tabrak Mobil di Pariaman, Warga dan Plt Walikota Pariaman Sebut Diluar Jadwal Biasa Serta Tidak ada Penjaga Perlintasan

Terakhir katanya, semua pihak menjaga keamanan dan ketertiban dalam setiap kegiatan tahapan pilkada .

Berikut ini pihak-pihak yang mengikuti dan menandatangani fakta integritas dalam Rakor Pengawasan Pilkada yang dilaksanakan oleh Bawaslu Solsel .

baca juga: Kereta Api Tabrak Mobil di Pariaman, Satu Keluarga Dilarikan ke Rumah Sakit

KPU Solsel diwakili Divisi perencanaan program Data dan Informasi Sastria Nofrita Kabag Ops Polres Solsel AKP Adrifiles, Pabung kodim 0309 Solok Kapten Betrimeldi, Kasipidum Kejari Solsel Hironimus Tafono Kejari, Kepala Satpol PP/Damkar efli Rahmat.
Kemudian, Kadis Kominfo Syamsurizal, plt. Kakankesbangpol Suwirman, Kadisdukcapil Efi yandri. Kasi pengendalian penyakit Dinas Kesehatan Solsel Weni Vajriani serta Dinas Perhubungan Solsel .

"Dari Partai Politik, hadir Edi Murni dari PAN, Gerindra Isyuliardi Maas, Golkar Gusfarizal, Demokrat Indiri Aica Sonata, Nasdem Indra Sikumbang, PKS Edwin, serta LO ketiga Pasangan Calon", katanya.

Penulis: Kamisrial | Editor: Eko Fajri