Seorang Warga Meninggal Dunia Dinyatakan Positif COVID di Pasbar

Ilustrasi
Ilustrasi (Klikpositif)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Almarhum BR (50) yang merupakan warga Jorong Sidodadi, Nagari Kinali, Kecamatan Kinali, Kabupaten Pasaman Barat ( Pasbar ) dinyatakan positif Virus Corona atau COVID-19.

"Benar, hari ini ada penambahan satu orang warga Pasaman Barat dinyatakan positif terinfeksi Virus Corona ," sebut Jubir Gugus Tugas Pasbar , dr Gina Alecia saat dihubungi KLIKPOSITIF , Sabtu (19/9/2020).

baca juga: Habib Rizieq Diklaim Tidak Positif COVID-19, Wasekum FPI : Anak Sama Menantunya Juga Negatif

Ia mengatakan almarhum BR dinyatakan positif berdasarkan informasi dari Laboratorium Fakultas Unand Padang dengan nomor 1022/09/PDRPI-FK/2020 tertanggal 19 September 2020.

"Pasien ini di tes swab di RSSN Bukittinggi pada hari ini juga dan meninggal dunia pada sore hari ini. Almarhum memiliki penyakit komorbid dan diduga terpapar karena riwayat perjalanan ke Pekanbaru," katanya.

baca juga: Sejumlah Guru dan Siswa Positif COVID-19, Disdik Pasbar Sebut Penularan Dari Luar Sekolah

Lebih lanjut dijelaskan dr Gina, almarhum merupakan pasien rujukan RSUD Pasaman Barat sejak tanggal 15 September 2020 dan dirawat di RSSN Bukittinggi. Sedangkan terhadap pasien akan dimakamkan dengan prosedur pemakaman COVID-19.

Kemudian kata dia, pihaknya saat ini telah melakukan langkah cepat proses tracking dan testing untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Kabupaten Pasaman Barat.

baca juga: DPR Minta Pemerintah Serius Tentukan Hasil 'Swab' Calon Jemaah Umrah

Untuk ia mengimbau mari tetap tenang dan mohon dukungan seluruh masyarakat untuk selalu bekerjasama membasmi penyebaran COVID-19 di Bumi Mekar Tuah Basamo.

"Mari selalu disiplin mematuhi protokol kesehatan COVID-19 dengan rajin mencuci tangan dengan air mengalir, selalu memakai masker, menjaga jarak serta menjauhi kerumunan," imbau dr Gina.

baca juga: SE Larangan Pernikahan Masih Belum Dicabut

Dengan demikian, total pasien positif Corona di Pasaman Barat sudah tertotal 48 orang, dengan rincian sembuh 31 orang, pasien yang masih positif Corona 14 dan meninggal dunia 3 orang.

Pihaknya juga menganalisa, pasien yang terpapar positif Corona di Pasaman Barat rata-rata adalah pelaku perjalanan luar daerah dan ada juga yang kontak dengan pelaku perjalanan.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Eko Fajri