Karena Hal Ini, Helikopter BNPB Terbang Rendah di Kabupaten Solok

Helikopter BNPB mendarat di Kawasan GOR Batu Tupang
Helikopter BNPB mendarat di Kawasan GOR Batu Tupang (Klikpositif)

SOLOK , KLIKPOSITIF - Sebuah helikopter Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB ) terpantau terbang rendang di kawasan kabupaten Solok , Sumatra Barat, Rabu (16/9/2020).

helikopter dengan corak orange itu terlihat berputar-putar mengitari sejumlah kawasan di kawasan kabupaten Solok , usai itu,helikopter mendarat di lapangan Tuanku Tabiang, GOR Batu Tupang Kotobaru.

baca juga: Kominfo Siapkan Sistem Registrasi SIM Card Baru, Pakai Pindai Wajah dan Sidik Jari

Kehadiran helikopter tersebut mengundang perhatian warga sekitar, sejumlah warga yang penasaran berduyun ke lokasi untuk melihat langsung rupa helikopter, sebagian mengabadikan dengan telpon pintarnya.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan (PK) BPBD Sumbar, Syahrazad Jamil yang turun dari helikopter mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka survey awal untuk sisir sungai di daerah rawan bencana .

baca juga: Oknum TNI Homeseksual Dipecat, Amnesty Internasional Indonesia Minta Putusan Dibatalkan

"Kita melakukan pantauan udara untuk memetakan lokasi-lokasi rawan banjir dan longsor di wilayah kabupaten Solok , serta kawasan Solok Selatan yang juga rawan bencana ," ungkapnya.

Dikatakannya, khusus untuk kabupaten Solok , pihaknya melakukan penyisiran di sejumlah kawasan rawan bencana , termasuk aliran sungai di Sirukam, Talang Babungo dan lainnya.

Data yang diperoleh dengan foto udara dan pantauan langsung bakal menjadi bahan untuk melakukan tindakan pencegahan dan meminimalisir terjadinya serta dampak fatal banjir bandang di kawasan tersebut.

baca juga: Vaksinasi Covid-19 Dimulai November, Ini Kata DPR

"Sepanjang 2019, banyak terjadi bencana banjir bandang hingga longsor di kabupaten Solok , Solok Selatan dan juga daerah lainnya di Sumatra Barat, penyisiran ini untuk mengetahui lebih jelas lokasi dan penyebab bencana ," terangnya.

Nantinya, kegiatan susur sungai yang dilakukan turut melibatkan pihak TNI-Polri, BPBD dan unsur terkait lainnya. Usai penyusuran di kabupaten Solok , dilanjutkan ke Solok Selatan.

baca juga: Survei: Prabowo Jadi Menteri Terbaik Jokowi

Sementara itu, Kalaksa BPBD Kabupaten Solok melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik (KL) Un Khairul mengatakan, pihaknya siap untuk mendukung kegiatan susur sungai untuk meminimalisir bencana alam di kabupaten Solok .

"Itu giat provinsi, rencana susur hulu sungai, tadi itu baru survey, kemungkinan akhir bulan nanti dilakukan susur sungai bersama tim gabungan," jelas Un Khairul.

Dalam susur sungai, tim gabungan akan langsung turun menyisiri hulu sungai dan titik-titik yang rawan untuk dilakukan rehabilitasi.

"Nanti kita kabarkan, lokasi dan jadwalnya, yang jelas, kegiatan ini untuk menekan potensi bencana yang terjadi akibat kerusakan, terutama banjir dan longsor," tutupnya.

Penulis: Syafriadi | Editor: Eko Fajri