SPIE

SPIE Semen Padang 2020: Sebanyak 97 Judul Telah Diregistrasi

Teks Foto: Tim Inovasi Semen Padang ketika mengikuti ajang internasional APQO di Bali tahun lalu
Teks Foto: Tim Inovasi Semen Padang ketika mengikuti ajang internasional APQO di Bali tahun lalu (Ist)
PADANG, KLIKPOSITIF

-- Inovasi merupakan hal yang sangat penting bagi PT Semen Padang , yakni sebagai salah satu strategi untuk selalu bisa beradaptasi dengan perubahan dan menjadi competitive advantage (keunggulan bersaing).

Oleh karena itu, manajemen PT Semen Padang melalui Unit Total Productive Maintenance (TPM) terus menggalakkan budaya inovasi , dengan melaksanakan ajang Semen Padang Improvement Ivent ( SPIE ) dan Focus Improvement ( SPIE ) setiap tahunnya.

baca juga: TKMPN 2020, Inovator PT Semen Padang Raih 4 Platinum dan 2 Gold

"Pada 2020 ini, SPIE kembali digelar. Dan, hingga Juli ini unit TPM telah menerima sebanyak 97 judul inovasi yang telah diregistrasi sebagai peserta Semen Padang Improvement Ivent ( SPIE ) dan Focus Improvement," kata Senior Unit TPM PT Semen Padang Fery Sarvino di Padang, Minggu (16/7/2020).

Ia menjelaskan, judul inovasi ini akan terus bertambah, karena jadwal registrasi SPIE tahun 2020 masih berlangsung. "Jadwal registrasi ini berlangsung sampai November mendatang," ujarnya.

baca juga: Dari Internalisasi AKHLAK; Insan Semen Padang Diharapkan Jadi "Brand Ambassador" Implementasi AKHLAK

Jika ada judul yang masuk pada Desember, kata Fery, maka akan diterima untuk dilanjutkan pada SPIE tahun 2021, karena jadwal registrasi dimulai dari Desember sampai November. Sedangkan jadwal penilaian, dilakukan pada Desember sampai Januari.

"Kemudian untuk pengumuman pemenang SPIE 2020, dilakukan pada Februari, atau pada saat penutupan bulan mutu dan K3 Nasional. Begitulah jadwal registrasi, penilaian dan pengumuman agenda SPIE tiap tahunnya di Semen Padang ," ujarnya.

baca juga: Inovasi Sistem Manajemen Semen Padang: Aplikasi Simple Mudahkan Karyawan Bekerja di Masa Pandemi

Fery juga membeberkan jumlah departemen yang ikut pada ajang SPIE tahun 2020 ini. Kata dia, dari 97 judul yang telah diregistrasi, paling banyak berasal dari Departemen Tambang & Pengolahan Bahan Baku dengan jumlah judul sebanyak 27.

Kemudian disusul Departemen Produktivitas sebanyak 25 judul dan Departemen Pemeliharaan 23 judul, Departemen Bisnis Inkubasi dan Non Semen 4 judul, Departemen Perencanaan dan Pengendalian Produksi serta Departemen Konunikasi dan Hukum Perusahaan masing-masing sebanyak 2 judul yang telah diregistrasi.

baca juga: SPH Mudahkan Pasien, Kini Booking untuk Berobat Bisa Melalui WhatsApp dan Website

"97 judul inovasi yang telah diregistrasi pada SPIE tahun 2020 ini, diikuti oleh 9 persen karyawan, atau sebanyak 108 karyawan dari 1.194 karyawan PT Semen Padang ," pungkas Fery.

Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati mengatakan, semangat melakukan improvement dan inovasi di PT Semen Padang tidak pernah surut.

Di Semen Padang setiap tahun digelar Semen Padang Improvement Event ( SPIE ). Bagi yang meraih prestasi diikutkan pada ajang kompetisi inovasi di group SIG.

"Tak hanya itu, para inovator PT Semen Padang yang berprestasi selain diikutkan pada ajang-ajang nasional, juga dikirim berkompetisi di tingkat internasional," katanya.

Anita menambahkan, inovasi yang dilahirkan selama ini telah berkontribusi meningkatkan profit perusahaan. Sementara tim unit kerja yang melahirkan inovasi , selain mendapat apresiasi karena diikutkan pada ajang nasional dan internasional, juga mendapatkan kesempatan menambah pengetahuan dan melakukan benchmarking terhadap inovasi dari perusahaan lain pada lomba inovasi yang mereka ikuti. (*)

Editor: Riki