UMSB Gandeng Petrokomia Grup Meriahkan Milad ke 1 Kampung Sarugo

Kampung Sarugo
Kampung Sarugo (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

BUKITTINGGI, KLIKPOSITIF - Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat ( UMSB ) menggandeng PT.Petrokimia Gresik dan PT. Petrokimia Kayaku dalam hal memeriahkan Milad ke 1 Kampung Sarugo (Saribu Gonjong) yang jatuh pada 30 Agustus mendatang.

Dijadwalkan, sejumlah acara akan mewarnai Milad Sarugo mulai 26-31 Agustus mendatang dengan tema Rumah Godang Moimbau Pulang.

baca juga: Milad ke 65, UMSB Launching Logo Baru

Wakil Rektor III UMSB Moch Abdi menyebut, peringatan Milad merupakan semacam syukuran terhadap eksisnya Sarugo sebagai salah satu kampung wisata terbaru di Sumatera Barat.

"Dalam setahun terakhir, ada peningkatan kunjungan wisatawan di Sarugo. Untuk menambah semangat kita ada syukuran dengan bersinergi dengan Petrokimia Grub," kata Abdi, Sabtu 15 Agustus 2020.

baca juga: Dekan Fakultas Pariwisata UMSB : Tak Ada Lulusan Kita yang Menganggur

Rangkaian acara yang dilakukan, antara lain perlombaan kegiatan religi, perlombaan seni adat dan budaya, perlombaan permainan rakyat, perlombaan kreativitas, pelatihan pengembangan sumberdaya masyarakat, maupun sejumlah event berkelas lainnya

"Kita kolaborasi dengan Petrokimia, karena BUMN memang harus ada bersama masyarakat," ucapnya.

baca juga: Setelah Lihat Lokasi, UMSB Segera Bangun Replika Markas Syafruddin Prawiranegara di Koto Tinggi

Fild Asisten Wilayah Agam, Limapuluhkota dan Tanah Datar dari PT Petrokimia Kayaku Eko Hendra Suryanto bersama Yogi Bachtiar Staf Perwakilan Daerah Penjualan PT Petrokimia menyebut, Kampung Sarugo yang terletak di Kecamatan Gunung Omeh merupakan basis pertanian sehingga Petrokimia mesti memberikan pendampingan terhadap petani lokal.

"Nanti akan ada sejumlah kegiatan kita bersama petani, juga ada Petro Fair. Para petani akan kita berikan pendampingan guna meningkatkan kapasitas produksi," sebutnya.

baca juga: UMSB dan PT Astra Tekan Kerjasama di Bidang Service dan Pelatihan Driver

Sarugo adalah perkampungan tradisional yang secara administratif berada di Jorong Sungai Dadok, Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Gunung Omeh. Kampung paling utara di Kabupaten Limapuluh Kota ini masuk dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020 kategori kampung adat terpopuler.

Kampung ini merupakan desa binaan Fakultas Pariwisata UMSB sejak setahun silam, daerah ini punya pesona berupa puluhan rumah gadang berusia tua dan alamnya yang indah.

Penulis: Hatta Rizal | Editor: Haswandi