Dishub Padang Minta Masyarakat Laporkan Jika Melihat Ada Petugas Mereka Kerja Malam Hari, Ada Apa?

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Dinas Perhubungan Kota Padang mengimbau masyarakat segera melaporkan apabila menemukan petugas masih bekerja tengah malam di dekat traffic light atau lampu lalulintas.

Sebab dapat dipastikan petugas yang bekerja bukan Dishub , melainkan orang yang disinyalir melakukan pencurian kabel traffic light.

baca juga: Beritakan Nasrul Abit Keturunan Partai Komunis, Pimred Akurat.co Minta Maaf

"Kalau malam-malam melihat ada orang yang seperti memperbaiki lampu lalulintas itu bukan petugas kami. Meskipun mereka menggunakan rompi Dishub , karena kami tidak pernah menginstruksikan petugas turun ke lapangan pada malam hari. Mereka diduga pencuri kabel traffic light," kata kepala Dinas Perhubungan Kota Padang Dian Fakri, Kamis 13 Agustus 2020.

Menurutnya, belakangan ini marak terjadinya kasus pencurian kabel traffic light misalnya saja di Simpang Presiden dan Simpang Empat Sawahan. Akibatnya traffic light menjadi tidak berfungsi sehingga menyebabkan kemacetan dan rawan terjadinya kecelakaan.

baca juga: Atasi Sampah di Pantai Air Manis, PT PSM Berencana Buat Paving Block dari Sampah Plastik

"Menurut keterangan polisi diduga mereka yang melakukan pencurian kabel traffic light di dua lokasi itu adalah orang yang sama. Diduga berasal dari luar Kota Padang ," katanya.

Melihat maraknya kasus pencurian kabel traffic light, ia mengimbau agar masyarakat segera melaporkan ke pihak Dishub maupun kepolisian apabila menemukan orang yang bekerja memperbaiki lampu lalulintas pada malam hari.

baca juga: Gempa Guncang Pagai Selatan Mentawai, Dirasakan Hingga ke Padang

"Segera laporkan jika menemukan mereka," lanjutnya.

Ia mengatakan, terkait pemasangan ACTS atau CCTV untuk mengantisipasi terjadinya pencurian kabel traffic light dinilai tidak efektif.

baca juga: Langgar Perda AKB, 53 Warga Pessel di Sanksi Karena Tidak Pakai Masker

"Itu tidak efektif, karena orang sekarang sudah pintar-pintar. Kalau ada ACTS kabel itu yang lebih dahulu diputuskan karena sangat gampang. Kami lebih meminta kepedulian masyarakat melaporkan," tutupnya.

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Eko Fajri