Peringati Milad Bung Hatta ke 118, Disdikbud Bukittinggi Gelar Sosialisasi Permuseuman

Sosialisasi Permuseuman
Sosialisasi Permuseuman (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

BUKITTINGGI , KLIKPOSITIF -Pemerintah Kota Bukittinggi menggelar sosialiasi permuseuman bertepatan dengan milad Bung Hatta ke 118 di salah satu hotel di Bukittinggi , Rabu 12 Agustus 2020.

Sosialisasi bertemakan "Memajukan Museumr Memajukan Kebudayaan" diikuti sekitar 50an peserta yang berasal dari berbagai kalangan, serta dibuka oleh Kadisdikbud Bukittinggi Melfi Abra.

baca juga: Tiba di Arab Saudi, JK Bahas Pembangunan Museum Sejarah Nabi Muhammad SAW

Disdikbud menghadirkan tiga narasumber, yakni Kasi Permuseuman Dinas Kebudayaan Sumbar Noviyanti Awaluddin, Kasi Pelayanan dan Edukasi Museum Adityawarman dan Guru Sejarah dari SMAN 5 Bukittinggi Mellavoma.

"Sosialisasi kita adakan dalam rangka HUT Bung Hatta ke 118 yang jatuh hari ini, momentum ini kita ambil untuk memperkenalkan atau melihat museum karena salah satu yang ada di Bukittinggi adalah museum kelahiran Bung Hatta," jelas Melfi Abra.

baca juga: Milad ke 65, UMSB Launching Logo Baru

Tujuannya, kata Melfi, akan menjadikan museum sebagai tempat dokumentasi sejarah dan dokumentasi peradaban agar masyarakat mengenal sejarah atau peristiwa penting, termasuk hari lahirnya Bung Hatta.

Khusus di Bukittinggi , ada sejumlah museum antara lain, Museum Kelahiran Bung Hatta, Museum Tridaya Eka Dharma, Museum Rumah Adat Baanjuang, Museum Angkatan 66, Museum RRI, Museum Zoologi.

baca juga: Bertolak ke Vatikan dan Makka, Ini Agenda Ketua Umum DMI

"Kita punya cukup banyak sejarah yang ada di museum -museum di Bukittinggi , lewat sosialiasi ini kita ajak warga untuk lebih mengenalnya," sebut Melfi Abra.

Sosialisasi berjalan seru sebab ketiga narasumber menghadirkan perspektif baru dalam dunia permuseuman sehingga peserta tertarik mengikutinya.

baca juga: Hapal Al-Qur'an, Anak di Bukittinggi Dapat Umroh Gratis

Bung Hatta lahir pada 12 Agustus 1902. Hatta merupakan salah satu pahlawan terbesar yang dimiliki Indonesia. Ia lahir di Bukittinggi , di sebuah rumah di Mandiangin yang kemudian dijadikan museum .

Di rumah ini, banyak hal tentang Hatta bisa kita ketahui, terutama terkait foto maupun sejumlah peninggalan lainnya masih tersimpan dengan baik

Penulis: Hatta Rizal | Editor: Haswandi