Ingin Menabung dengan Efektif di Rumah, Ini Tips Sederhananya

KLIKPOSITIF - Menabung adalah hal yang wajib dilakukan untuk kebaikan finansial di masa depan. Tidak selalu harus di bank, menabung juga bisa dilakukan secara mandiri di rumah.

Berikut ini tips menabung di rumah yang bisa diterapkan:

baca juga: Awal Pekan Ini, Emas Batangan Masih di Atas Rp1 Juta Per Gram

Taruh tabungan di lokasi yang tersembunyi

Hal ini bisa Anda lakukan agar Anda lupa memiliki tabungan dan tidak khilaf membelanjakan uang tabungan untuk hal-hal yang tidak penting. Menyembunyikan tabungan berarti tabungan tersebut diletakkan di sebuah tempat yang Anda sendiri harus berpikir berkali-kali untuk mengambilnya. Misalnya menaruhnya di rekening bank lain yang tidak terdaftar m-banking. Sehingga membuat Anda malas mengambil uang karena harus ke ATM. Dengan begini, Anda akan terhindar dari niat konsumtif.

baca juga: UU Omnibus Law Cipta Kerja Dapr Pujian dari Luar Negeri, Ini Respon Menkeu

Tulis tujuan finansial pada kaleng atau celengan

Jika Anda menabung dalam bentuk celengan di rumah, maka tulislah tujuan finansial yang membuat Anda bersemangat untuk menabung. Dengan begini, tiap kali Anda tergiur untuk mengambil uang tabungan, Anda akan membaca tulisan yang ada di celengan dan kembali tersadarkan bahwa tujuan finansial Anda belum tercapai maka harus lebih bijak menggunakan uang. Ingatlah mimpi dan cita-cita Anda saat menabung maka Anda tak akan mudah khilaf membuka celengan.

baca juga: Awal Pekan Ini, Rupiah Bergerak Melemah

Jangan Remehkan Recehan

Menabung tak hanya berupa uang bernominal besar, Anda juga bisa melatih kebiasaan menabung dari uang receh yang Anda kumpulkan dalam celengan. Seperti yang dikatakan pepatah, "Sedikit-sedikit lama-lama jadi bukti". Itulah yang terjadi ketika Anda menabung uang receh. Daripada hilang atau tak sengaja terbuang, kumpulkan uang-uang receh itu dalam celengan. Lalu, tekuni kebiasaan ini hingga celengan penuh dan bisa menjadi uang ekstra untuk Anda gunakan sesuai kebutuhan.

baca juga: OJK Klaim UU Cipta Kerja Dapat Tingkatkan Investasi di Pasar Modal

Editor: Ramadhani