Musala Al-Muhajirin Kota Solok Beralih Status Menjadi Masjid

Wako Solok, Zul Elfian menandatangani prasasti masjid Al-Muhajirin, Kota Solok
Wako Solok, Zul Elfian menandatangani prasasti masjid Al-Muhajirin, Kota Solok (Prokomp)

SOLOK KOTA , KLIKPOSITIF - Musala Al-Muhajirin, Komplek Griya Suka Indah, Kelurahan Tanah Garam, Kota Solok resmi beralih status menjadi masjid. Tempat ibadah tersebut selama ini menjadi tumpuan masyarakat dalam melaksanakan ibadah.

Peralihan status musala menjadi masjid Al Muhajirin ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Wali Kota (Wako) Solok , Zul Elfian. Prosesi dihadiri ketua DPRD Yutris Can yang diwakili Nasril In Dt. Malintang Sutan.

baca juga: Warga Sulit Air Solok Minta Jalan Diperbaiki, Nasrul Abit: Pas dengan Visi Misi Kami

Suasana bahagian masyarakat semakin lengkap dengan ikut hadirnya anggota DPRD, Rusdi Saleh, Forkopimda Kota Solok , Kakan Kemenag Kota Solok Eri Iswandi, Camat Lubuk Sikarah Novri Aprilizen, Lurah Tanah Garam, Asril.

Dikatakan Wako Solok , Zul Elfian, perubahan status Mushalla menjadi Masjid tidak terlepas dari kebutuhan masyarakat. Masjid menjadi pusat ibadah dan juga pendidikan agama Islam bagi jemaah dan generasi muda.

baca juga: Jelang Akhir Tahun, Pjs. Wako Solok Ingatkan OPD Selesaikan Target

"Kedepan, bagaimana tugas kita memakmurkan masjid dan masyarakat selalu betah berada di Masjid, wujudkan lingkungan masjid yang nyaman dan ramah terhadap semua orang," ungkap Zul Elfian.

Ditegaskan Zul Elfian, sesuai dengan visi misi pemerintah Kota Solok , sebagaimana tertuang dalam RPJMD 2016-2021, pembangunan keagamaan menjadi salah satu prioritas. Mewujudkan masyarakat yang beriman dan bertaqwa serta sejahtera.

baca juga: Sempurnakan APBD-P 2020, Pemko Solok Rapat Evaluasi Bersama DPRD

"Pembangunan sarana Masjid, perubahan status musala menjadi masjid merupakan salah satu bagian penting dalam mewujudkan visi misi tersebut menuju kota Solok , Kota Beras Serambi Madinah," terangnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Kota Solok , Nasril In mengatakan, dalam ajaran Agama Islam, Masjid merupakan sebaik-baik tempat di muka bumi, selain ibadah, banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan di masjid.

baca juga: Lagi, 9 Warga Kota Solok Terkonfirmasi Positif Covid-19

"Diharapkan Masjid ini akan dapat menyebarkan cahaya Islam, menjadi sarana dalam menimba ilmu agama bagi masyarakat melalui wirid atau pengajian, bersama-sama kita makmurkan masjid," ajaknya.

Mushalla Al Muhajirin dibangun sejak tahun 2008 diatas tanah fasum Pemko Solok . Dalam pembangunannya, tidak terlepas dari andil masyarakat, donatur lain serta pemerintah daerah.

"Melihat perkembangan penduduk yang semakin banyak, sudah sepatutnya Musala ini dirubah status menjadi Masjid," tutup Ispendy selaku ketua panitia peresmian masjid.

Penulis: Syafriadi | Editor: Khadijah