Begini Suasana Musim Durian di Ganting Kubang Pessel

Durian asal Ganting Kubang Pessel
Durian asal Ganting Kubang Pessel (Kiki Julnasri/Klikpositif.com)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Setiap kali musim durian , warga Kampung Ganting Kubang, Nagari Kambang Utara, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel ), Sumatera Barat selalu bergairah dengan hasil panennya.

Namun, berbeda pada musim kali ini, gairah itu terlihat turun. Karena, memang tahun ini terpantau buah durian di kampung tidak sebanyak biasannya. Bahkan, ada diantara kebun yang biasa disetiap musim berbuah, tahun ini tidak sama sekali.

baca juga: Awal Pekan Ini, Emas Batangan Masih di Atas Rp1 Juta Per Gram

Hal itu, salah satunya diakui pemilik kebun durian di Ganting Kubang, Idrus (56). Menurutnya, tahun ini merupakan musim "salek", di mana musim durian tidak berbuah lebat.

"Sejak tiga tahun lalu, baru tahun ini yang seperti ini. Tapi, alhamdulillah masih tahun ini berbuah, tahun lalu tidak," ungkapnya saat ditemui KLIKPOSITIF , 8 Agustus 2020.

baca juga: Langgar Perda AKB, 53 Warga Pessel di Sanksi Karena Tidak Pakai Masker

Manyimak buah durian di kampung ini, biasanya setiap kali musim. Setiap tauke, hampir saban waktu keluar masuk ke kampung ini. Namun, tidak pada musim ini. Kondisi itu tampak sepi, hanya ada satu dan dua tauke yang datang.

"Begitulah kondisinya. Karena tidak banyak yang berbuah. Ada yang berbuah, itupun salek. Seperti yang saya bilang tadi," jelasnya dengan bahasa daerah setempat yang terjemahan KLIKPOSITIF .

baca juga: UU Omnibus Law Cipta Kerja Dapr Pujian dari Luar Negeri, Ini Respon Menkeu

Berbicara Ganting Kubang, kampung ini terletak di bagian timur Nagari Kambang Utara. Sedangkan Kambang Utara sendiri berjarak sekitar 12 kilometer dari Ibukota Kecamatan, 77 kilometer dari Painan, dan 147 kilometer dari Padang.

Meski berada agak pelosok, setiap musim durian . Kampung ini selalu diburu para tauke. Terutama di sekitaran Kecamatan Lengayang, karena memang hamparan ladang masyarakat terpantau luas di kampung ini.

baca juga: Awal Pekan Ini, Rupiah Bergerak Melemah

Bahkan, tak jarang ketika musim durian sedang lebat. Kampung ini, tidak pelak dikunjungi penggemar durian . Sebab, membeli durian langsung ke pemilik kebun, jauh lebih murah dibandingkan di pasar.

Namun, karena kondisi saat ini, hal itu tidak seperti biasanya, dan pemilik kebun-pun tak tau apa penyebabnya. Karena, kalau biasa sekali musim itu, hampir seluruhnya berbuah.

"Kalau itu, saya tidak tahu juga. Soalnyo, untuk perawatan masih sama dengan musim sebelumnya. Tapi, buah tidak sama lebat," terangnya.

Terpisah, Kepala Kampung Ganting Kubang, Andi Zulma mengakui, tahun ini tidak hanya terjadi di Kampung Ganting Kubang saja. Namun, beberapa kampung tetangga Ganting Kubang juga dalam kondisi sama.

"Biasanya sentra durian di Kambang Utara paling banyak Kampung Akat dan Pasia Lawe. Namun, musim ini mungkin hanyo 20 persen yang berbuah. Untuk Lubuk Sariak dan Ganting Kubang sekitar 60 persen kira-kira,"

Menurutnya, turunnya hasil durian tahun ini, karena disebabkan beberapa persoalan, selain banyak batang durian tidak berbunga, juga ada juga yang rontok sebelum jadi buah.

"Jadi musim ini, tidak seberapa yang berbuah sampai matang," tutupnya.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Eko Fajri