BKSDA Evakuasi Seekor Trenggiling di Gaduik Agam

Trenggiling/Manis Javanica
Trenggiling/Manis Javanica (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

BUKITINGGI, KLIKPOSITIF --Seekor trenggiling (manis javanica) dievakuasi BKSDA Bukittinggi dari sebuah rumah di Baringin, Nagari Gaduik, Kecamatan Tilatang Kamang, Agam - Sumbar .

Kepala BKSDA Bukittinggi Vera Ciko mengatakan, hewan ini dievakuasi tadi pagi setelah sebelumnya terkurung di halaman rumah warga.

baca juga: Hari Pertama Operasi Yustisi di Agam, 49 Orang Terjaring

"Jadi kita dapat laporan lewat BKSDA Agam , dan langsung kita evakuasi. Kondisinya cukup sehat, kemungkinan trenggiling ini nyasar hingga masuk ke pemukiman,"ungkapnya, Jum'at 7 Agustus 2020.

Ciko mengatakan, trenggiling dikategorikan sebagai hewan dilindungi sehingga ia mengapresiasi laporan warga ke BKSDA Agam .

baca juga: Awasi 100 Kampanye Tatap Muka Bawaslu Solsel Ingatkan Paslon Patuhi Protokol Kesehatan

"Populasi trenggiling ini sudah mulai langka di alam liar karena banyak diburu. Hari ini langsung kita rilis sehingga ia dapat terus berkembang di alam,"ucap Ciko.

Trenggiling ini, diperkirakan masih berusia muda karena ukuran tubuhnya belum begitu besar.

baca juga: Peduli Usaha Mikro di Tengah Pandemi, Bank Nagari Berikan Pinjaman Tanpa Agunan

Ciko mengatakan, hewan bersisik besar itu akan dilepasliarkan ke Cagar Alam Batang Palupuah yang berjarak tidak begitu jauh dari lokasi penemuan.

Ia mengimbau, jika warga menemukan satwa liar di pemukiman untuk segera melapor ke BKSDA sehingga tak terjadi konflik yang bisa merugikan.

baca juga: Bawaslu Pasbar Kembali Teruskan Dua Kasus Dugaan Pelanggaran Netralitas ASN

Di sekitar Cagar Alam Batang Palupuah, masih bisa ditemui sejumlah satwa liar seperti harimau sumatera, kucing emas maupun tumbuhan langka rafflesia arnoldi.

Penulis: Hatta Rizal | Editor: Ramadhani