Kasus Positif COVID-19 di Agam Melesat Tajam, Guguak Tinggi Akan Lockdown

Ilustrasi
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

AGAM , KLIKPOSITIF --Penularan virus corona meningkat drastis di Kabupaten Agam . Tercatat dalam 3 hari terakhir, terjadi penambahan 12 kasus.

Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkab Agam Khasman Zaini mengatakan, kasus penularan terjadi di Guguak Tinggi, Kecamatan IV Koto.

baca juga: Pelajar Bunuh Diri Diduga Depresi Belajar Daring, Ini Komentar Kemendikbud

"Ada pengambilan swab sebanyak 27 orang, hasilnya 7 orang dinyatakan positif. Ini merupakan tracing dari 5 orang yang lebih dahulu positif,"ungkapnya saat dikonfirmasi KLIKPOSITIF , Kamis 6 Agustus 2020.

Kluster Guguak Tinggi berawal dari positifnya seorang perantau yang datang dari Bengkulu. 4 orang anggota keluarganya kemudian diswab, dan hasilnya positif.

baca juga: Pemerintah: 2.020 Hoaks Beredar di Medsos Terkait Covid-19

Selanjutnya, Pemkab Agam melakukan tracing terhadap orang yang diduga kontak dengan kasus konfirmasi. Ditemukan 27 warga Guguak Tinggi yang kontak dan kemudian diswab, hasilnya 7 positif.

"Besok Guguak Tinggi akan 'lockdown' dan warganya diswab massal. Kita harap hasilnya negatif. Untuk pasien tambahan ini, semuanya OTG dan dirawat di RSAM serta Padang Besi,"ucap Khasman.

baca juga: Kapolsek Sungai Limau Beberkan Alasan Aparat Keamanan Turun Tangan Kuburkan Jenazah Terkomfirmasi Covid-19

Dengan demikian, kasus COVID-19 di Agam melesat menjadi 38, setengahnya dinyatakan sembuh dari penularan.

Penambahan drastis kasus di Agam , tentu harus menjadi peringatan bagi warga agar tetap menjalankan protokol kesehatan supaya terhindar dari penularan virus.

baca juga: Langgar Perda AKB, 53 Warga Pessel di Sanksi Karena Tidak Pakai Masker

Penulis: Hatta Rizal | Editor: Ramadhani