Dituntut Jadi Pionir, Ini Dua Hal yang Harus Dilakukan ASN Payakumbuh untuk Maknai HUT RI ke-75

Sekda Kota Payakumbuh, Rida Ananda.
Sekda Kota Payakumbuh, Rida Ananda. (Ist)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Payakumbuh , Rida Ananda menyebut bahwa Aparat Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemko harus jadi pionir dalam memaknai Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-75 tahun ini.

Setidaknya ada dua hal yang mesti dilakukan ASN di lingkungan Pemko Payakumbuh dalam memaknai HUT RI.

baca juga: Operasi Yustisi di Payakumbuh Sembilan Hari, 196 Pelanggar Protokol Kesehatan Ditindak

"ASN harus jadi contoh warga dalam menaikan bendera merah putih selama 1 bulan penuh. Ini menunjukkan rasa cinta kepada negara dan sebagai pelayan masyarakat ASN harus selalu melayani," kata Rida Ananda, Selasa (4/8).

Selanjutnya, ASN bisa memaknai HUT RI dengan senantiasa menjaga aset negara yang telah dipercayakan kepada mereka, diantaranya menjaga dan perawat kendaraan dinas.

baca juga: Seleksi Terbuka Selesai, Pemko Payakumbuh Tunggu Persetujuan KASN Sebelum Melantik Tiga Kadis

"Jangan sampai kena hujan panas dan catnya pudar. Aset negara itu dimanfaatkan dan pelihara dengan baik. Kita melihat juga ada kendaraan yang sudah tua tapi dipelihara dengan baik dan ini adalah hal yang patut diapresiasi. Kemudian jangan sampai ada pula kendaraannya baru namun tak terpelihara, segan kita," jelasnya.

Terkait perayaan HUT RI ke-75, sebelumnya Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi telah mengeluarkan edaran Nomor 100/26/WK-PYK-2020, dengan mengajak seluruh masyarakat untuk memasang dan mengibarkan bendera merah putih serentak mulai dari tanggal 1 sampai 31 Agustus 2020.

baca juga: Peduli Usaha Mikro di Tengah Pandemi, Bank Nagari Berikan Pinjaman Tanpa Agunan

Kemudian memasang umbul-umbul atau dekorasi atau hiasan lainnya dengan merujuk pada pedoman logo dan desain turunan HUT ke-75 kemerdekaan RI.

Untuk instansi pemerintahan, pendidikan, BUMN/BUMD/Swasta, dan instansi lainnya, Riza mengimbau agar memanfaatkan secara maksimal logo dan desain turunan HUT ke-75 tersebut.

baca juga: Pacu Itiak Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya tak Benda, Pemko Payakumbuh Akan Lakukan Hal Ini

"Dengan tema Indonesia Maju, Mari kita meriahkan dirgahayu ke-75 Republik Indoenesia pada tahun 2020 ini dengan semangat kebersamaan," kata Riza, beberapa waktu lalu. (*)

Editor: Taufik Hidayat