Semen Padang Salurkan 7.050 Paket Sembako Tahap II untuk Warga Terdampak COVID-19

Kepala Unit CSR Semen Padang Muhamad Ikrar (kanan) menyerahkan bantuan sembako secara simbolis kepada warga terdampak Covid-19
Kepala Unit CSR Semen Padang Muhamad Ikrar (kanan) menyerahkan bantuan sembako secara simbolis kepada warga terdampak Covid-19 (Ist)
PADANG, KLIKPOSITIF

- PT Semen Padang kembali menyalurkan bantuan paket sembako untuk masyarakat lingkungan perusahaan yang terdampak COVID-19. Kali ini, Kamis (30/7/2020), bantuan paket sembako itu dibagikan sebanyak 7.050 paket yang terdiri dari beras, minyak goreng, mie instan dan gula.

Kepala Unit CSR Semen Padang Muhamad Ikrar berharap agar bantuan paket sembako ini dapat meringankan beban masyarakat di sekitar perusahaan yang mengalami kesulitan ekonomi akibat pandemi COVID-19 ini. Ia pun juga mengajak masyarakat untuk sama-sama berdoa agar pandemi COVID-19 tersebut cepat berlalu.

baca juga: Epidemiolog: Pemerintah Harus Ubah Strategi Penanganan COVID-19

"Mudah-mudahan bantuan sembako yang kami salurkan melalui Forum Nagari di lingkungan perusahaan ini dapat meringankan beban ekonomi saudara-saudara kita yang terdampak. Mari kita doakan bersama agar COVID-19 ini cepat berlalu," kata Ikrar dalam sambutannya saat menyerahkan bantuan sembako secara simbolis di Indarung, Kamis (30/7/2020).

Pada kesempatan itu, Ikrar juga menyampaikan harapan dari perusahaan kepada masyarakat yang ada di lingkungan sekitar pabrik, untuk sama-sama mendoakan PT Semen Padang agar terus maju dan berkembang, supaya perusahaan yang menjadi kebanggaan masyarakat Sumatera Barat ini, dapat terus berkontribusi untuk masyarakat.

baca juga: Jadi Binaan CSR Semen Padang, Pemilik Konveksi Tas Baceno Kini Jadi Milioner

Ikrar juga mengatakan bahwa bantuan sembako dari PT Semen Padang ini lebih banyak dibandingkan tahap I yang berjumlah sebanyak 5205 paket yang disalurkan pada Mei lalu. "Jadi hingga tahap II ini, total bantuan sembako yang sudah kita salurkan sebanyak 12.255 paket sembako ," ujarnya.

Dalam penyerahan bantuan sembako tersebut, Ikrar juga mengajak masyarakat untuk menerapkan standar protokol kesehatan pada keluarga dan lingkungan, agar masyarakat tidak terpapar COVID-19. Begitu juga dalam penyerahan bantuan sembako ini, Ia pun juga meminta agar pengurus Forum Nagari dapat menerapkan prokol kesehatan COVID-19. "Minimal, pakai masker dan jaga jarak," katanya.

baca juga: Operasi Yustisi di Padang Tindak 52 Orang yang Kedapatan Langgar Perwako Pola Hidup Baru

Penyerahan bantuan sembako tahap II itu dibuka secara simbolis di Kelurahan Indarung. Selain Kepala Unit CSR Semen Padang Muhamad Ikrar, penyerahan sembako itu turut disaksikan Camat Lubuk Kilangan Yalmasril dan perwakilan dari Polsek Lubuk kilangan dan Koramil 04/Lubuk Kilangan-Lubeg.

Di tempat terpisah, Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati mengatakan, bantuan paket sembako yang telah disalurkan selama dua tahap merupakan salah satu dari bentuk kepedulian perusahaan terhadap masyarakat yang terdampak COVID-19.

baca juga: Positif Covid-19 Sumbar Meningkat, Epidemiolog: Karena Gagal Mengontrol Pergerakan Orang

"Banyak lagi program yang telah dilakukan PT Semen Padang untukmembantu masyarakat di masa pandemi COVID-19, di antaranya pembagian masker gratis, penyemprotan disinfektan pada fasilitas umum, bantuan sarana cuci tangan, dan lain sebagainya. Semua itu menunjukkan bahwa PT Semen Padang selalu menunjukkan komitmennya bersama-sama masyarakat dalam berbagai kondisi," kata Anita.

Pantauan media ini, terlihat penyerahan bantuan sembako dari perusahaan semen plat merah itu mengikuti anjuran dari pemerintah berupa penerapan protokol kesehatan COVID-19. Masyarakat yang datang terlihat mencuci tangan di wastafel yang disediakan oleh Forum Nagari .

Kemudian, masyarakat juga tampak menggunakan masker dan menjaga jarak.

Kepala Bidang Bina Lingkungan CSR Semen Padang Masykur Rauf yang hadir pada penyerahan bantuan sembako COVID-19 tahap II, mengatakan bahwa bantuan sembako ini melibatkan Forum Nagari di lingkungan oerusahaan Semen Padang , karena bantuan ini merupakan bagian dari program Basinergi Mambangun Nagari.

"Bantuan sembako untuk masyarakat terdampak COVID-19 ini merupakan program yang tertuang dalam RKPM Forum Nagari tahun 2020. Awalnya program ini disusun untuk pemberdayaan masyarakat, tapi karena wabah COVID-19, makanya difokuskan kepada pemberian bantuan sembako untuk masyarakat terdampak COVID-19," katanya.

Bantuan paket sembako yang berjumlah 7.050 paket tersebut rinciannya sebagai berikut, untuk Kecamatan Lubuk Kilangan, ada 4.448 paket sembako yang dibagikan. Ribuan paket tersebut dibagikan kepada masyarakat yang ada di seluruh kelurahan di Lubuk Kilangan yang terampak COVID-19, khususnya yang belum mendapatkan bantuan COVID-19 dari pemerintah.

Kemudian Forum Nagari Limau Manis sebanyak 1492 paket, juga dibagikan untuk masyarakat Kelurahan Limau Manis, Limau Manis Selatan dan Koto Lua. Sedangkan untuk Forum Nagari Lambung Bukik berjumlah 552 paket. Ratusan paket itu dibagikan untuk masyarakat yang tinggal di Kelurahan Lambung Bukit.

Sementara untuk Forum Nagari Pampangan Nan XX sebanyak 440 paket, juga dibagikan untuk masyarakat Pampangan Nan XX. "Begitu juga untuk Jalur Angkutan Semen (JAS) sebanyak 118 paket, dibagikan untuk maayarakat Teluk Bayur," bebernya.

Camat Lubuk Kilangan Yalmasril mengapresiasi PT Semen Padang yang kembali menyakurkan bantuan sembako untuk masyarakat terdampak COVID-19. Dan bantuan sembako ini, sebutnya, tentu sangat besar manfaatnya bagi masyarakat, apalagi dalam kondisi sekarang ini tidak semua masyarakat yang diberikan bantuan COVID-19 dari Pemerintah Kota Padang.

"Terimakasih Semen Padang atas bantuan sembako untuk masyarakat di lingkungan perusahaan, khususnya di Lubuk Kilangan. Memang tidak semua masyarakat yang mendapatkan bantuan dari Pemerintah. Tapi setidaknya, bantuan dari Semen Padang ini dapat meringankan beban masyarakat yabg terdampak COVID-19," katanya.

Kepada masyarakat Lubuk Kilangan yang tidak merasakan terdampak COVID-19, Yalmasril pun berharap agar peduli kepada masyarakat yang ekonominya ikut terdampak COVID-19, minimal di lingkungan tempat tinggalnya. Kemudian kepada Ketua RT dan RW, Ia pun juga berharap untuk terus memperhatikan masyarakatnya.

"Jangan sampai ada masyarakat yang tidak makan atau kehabisan kebutuhan hariannya. Berdosa kita. Mari kita saling peduli terhadap lingkungan masing-masing. Kalau ada ini menjadi tanggung jawab bersama. Mudah-mudahan wabah COVID-19 ini cepat berlalu," ujarnya.

Ketua Forum Nagari Indarung Darmasnyah Siroen berterimakasih kepada Semen Padang yang kembali menyakurkan bantuan sembako untuk masyarakat terdampak COVID-19. "Terimakasih Semen Padang . Di tengah pandemi COVID-19, Semen Padang terus memperhatikan kami masyarakat lingkungan melalaui bantuan sembako ," katanya.

Senada dengan Ketua Forum Nagari Bandar Buat Dahrulsyah. Ia mengatakan, dengan adanya bantuan sembako tahap II ini, maka semakin menbuktika bahwa perusahaan semen pertama di Indonesia dan Asia Tenggara tersebut, semakin peduki terhadap masyarakat lingkungan.

"Kepada masyarakat yang menerima bantuan, saya pun berharap jangan dilihat dari nilai bantuannya. Tapi lihatlah bagaimana upaya Semen Padang membantu kita dalam menghadapi pandemi COVID-19. Mudah-mudahan, Semen Padang tetap survive di tengah pandemi COVID-19 ini," katanya.

Begitu juga dengan Ketua Forum Nagari Koto Lalang Syahrul Tanjung. Kata dia, bantuan sembako ini sangat bermanfaat sekali bagi masyarakat, karena dampak COVID-19 membuat ekonomi masyarakat menurun. "Bahkan, ada masyarakat Koto Lalang yang kehilangan pekerjaan karena COVID-19," ujarnya.

Sementara itu, warga Koto Lalang bernama Nurbaiti, mengaku bersyukur atas bantuan sembako dari PT Semen Padang . Kata dia, bantuan sembako berupa beras 10 kg, minyak goreng 2 liter, gula pasir 1 kg dan mie instan ini, sangat bermanfaat untuk kebutuhan beberapa hari ke depan.

"Alhamdulillah, bantuan ini sangat besar sekali manfaatnya bagi saya, apalagi saya seorang janda dan saat ini beras di rumah juga sudah habis. Jadi, saya bersyukur sekali bisa dapat bantuan sembako ini. Terimakasih Semen Padang ," katanya.

Warga Bandar Buat yang juga mendapatkan bantuan paket sembako dari Semen Padang bernama Nurhayati, juga berterimakasih kepada PT Semen Padang , apalagi dirinya selama ini juga tidak pernah mendapatkan bantuan dari pihak lain, termasuk bantuan COVID-19 dari Pemerintah.

"Alhamdulilkah, saya berterimakasih kepada Semen Padang . Bantuan ini merupakan kali kedua saya terima dan bantuan ini sangat bermanfaat sekali bagi saya. Semoga Semen Padang terus peduli terhadap kami masyarakat lingkungan perusahaan Semen Padang ," pungkas Nurhayati.(*)

Editor: Riki Suardi