Ini Jumlah Hewan Kurban di Bukittinggi Untuk Idul Adha 1441 H

Ilustrasi
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

BUKITTINGGI, KLIKPOSITIF - Kepala Bidang Perikanan, Peternakan, dan Kesehatan Hewan dari Dinas Pertanian dan Pangan Kota Bukittinggi Abdul Halim mengatakan, jumlah hewan kurban tahun ini diperkirakan berselisih tipis dibanding sebelumnya.

Ia mengatakan, jumlah hewan kurban tahun ini melebihi prediksi yang dikatakan menurun 20-30 persen dibanding tahun 2019.

baca juga: Konvoi Moge Tendang Warga di Bukittinggi

"Data terakhir ada 974 sapi dan 49 kambing, dibanding tahun lalu menurun 5 persen saja. Kita bersyukur karena penurunannya tak banyak," kata Abdul Halim, Kamis 30 Juli 2020.

Tahun lalu, jumlah sapi adalah 1.035 ekor sementara kambing sebanyak 60-an. Jumlah sapi tahun ini, kemungkinan akan bertambah sedikit lagi karena masih ada beberapa hewan kurban yang akan datang.

baca juga: Dukung Paslon Nomor Urut 2, Sandiaga Uno Sebut Erman Safar Sosok Milenial yang Berbakat dan Berhasil

"Untuk panitia, kita imbau tetap menjalankan protokol kesehatan dengan memakai sarung tangan dan masker. Sementara untuk kebersihan kita minta panitia memisahkan antara daging dan jeroan," ucapnya.

Ia menyebut, harga satu ekor kambing mencapai Rp2,5-2,8 jutaan. Sementara harga sapi, 7 kali lipat dari kambing. Rata-rata hewan kurban ini dipasok dari luar Bukittinggi.

baca juga: Besok, DKPP Akan Periksa Delapan Penyelenggara Pemilu Kota Bukittinggi di Padang

"Kebanyakan sudah kita lakukan pemeriksaan hewan kurban . Jika tak keburu, saat akan kurban akan kita periksa kesehatannya," pungkas Abdul Halim.

Informasi yang KLIKPOSITIF himpun, kebanyakan prosesi penyembelihan hewan kurban akan banyak dilakukan pada Sabtu besok.

baca juga: Jubir: Banyak Tokoh Berbalik Dukung Irwandi-David Chalik

Sementara, Pemko Bukittinggi memutuskan akan menggelar Salat Idul Adha di Lapangan Kantin.

Penulis: Hatta Rizal | Editor: Haswandi