Semen Padang Bagikan 25 Ekor Hewan Kurban, Diserahkan Secara Simbolis dengan Mengadaptasi Kebiasaan Baru

Kepala Unit CSR Semen Padang Muhamad Ikrar (kanan) didampingi staf CSR Masykur Rauf dan Delfi Adri, menyerahkan bantuan 4 ekor sapi kurban secara simbolis kepada Ketua KAN Limau Manis Syarifuddin Dt Bungsu.
Kepala Unit CSR Semen Padang Muhamad Ikrar (kanan) didampingi staf CSR Masykur Rauf dan Delfi Adri, menyerahkan bantuan 4 ekor sapi kurban secara simbolis kepada Ketua KAN Limau Manis Syarifuddin Dt Bungsu. (Ist)
PADANG, KLIKPOSITIF

- PT Semen Padang pada Rabu, 29 Juli 2020, membagikan sapi kurban sebanyak 25 ekor kepada masyarakat lingkungan perusahaan untuk disembelih pada Idul Adha 1441 H.

Penyerahan sapi kurban kali ini dilaksanakan secara simbolis di lima lokasi, yaitu di Kantor KAN Lubukkilangan, Kantor KAN Limau Manis, Kantor KAN Pauh V, Kantor KAN Nan XX Lubuk Begalung dan Lantamal Teluk Bayur.

baca juga: 295 Warga Sumbar Positif COVID-19 per 24 September, Tersebar di Seluruh Kabupaten dan Kota

Kepala Unit CSR PT Semen Padang Muhamad Ikrar mengatakan, penyerahan sapi kurban dari PT Semen Padang tahun ini berbeda dibandingkan dengan tahun sebelum-sebelumnya. Pada tahun lalu, penyerahan dipusatkan di PT Semen Padang .

Namun karena kondisi pandemi COVID-19, dan juga untuk mematuhi anjuran dari pemerintah untuk mengurangi berkumpul dalam jumlah yang besar, makanya penyerahan bantuan sapi kurban tahun ini dilakukan melalui standar protokol kesehatan dengan cara diantar langsung ke masjid dan lokasi yang telah ditentukan sebagai penerima bantuan.

baca juga: Hari Ini, Pasien COVID-19 di Pessel Bertambah 33 Orang

"Penyerahan sapi kurban ini merupakan bagian dari program rutin CSR Semen Padang setiap tahunnya. Tahun ini perusahaan kembali berkomitmen menjalankan syariat kurban. Alhamdulillah hari ini bisa terlaksana," kata Muhamad Ikrar ketika penyerahan sapi kurban di Kantor KAN Lubuk Kilangan.

Pada kesempatan itu, Muhamad Ikrar berharap agar masyarakat terus memberikan dukung an kepada PT Semen Padang agar dalam operasionalnya tetap lancar.

baca juga: Siap-siap, Apa yang Harus Dilakukan Jika Indonesia Resesi? Ini Jawabnya

Di sisi lain, Ia juga tak lupa menyampaikan harapan kepada masyarakat untuk terus menjalan protocol COVID-19 dalam aktivitas sehari-hari agar tetap sehat dan terhindar dari penularan COVID-19. "Tetap jaga jarak, pakai masker dan cuci tangan," kata Muhamad Ikrar yang didampingi staf CSR Masykur Rauf, dan Delvi Adri.

Di tempat terpisah, Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati menambahkan, penyerahan hewan kurban tahun ini berbeda dengan tahun lalu yang biasanya dilaksanakan secara langsung di Lapangan Cubadak Indarung. Namun kali ini dilaksanakan secara simbolis di beberapa lokasi.

baca juga: Didukung Semen Padang, UMKM Rumah Dagang Berhasil Budidaya Puyuh Petelur di Tengah Pandemi

"Hal ini menunjukkan komitmen kita pada adaptasi kebiasaan baru, yakni tetap produktif namun tetap menerapkan protokol COVID-19. Dengan penyerahan secara simbolis, meminimalisir kerumunan massa dan pelaksanaannya juga dalam periode yang singkat," kata Nur Anita.

Sangat Peduli

Wakil Ketua KAN Lubuk Kilangan Asril Ajis mengakui bahwa selama ini PT Semen Padang sangat peduli pada Lubuk Kilangan. "Selama ini PT Semen Padang sangat peduli pada Lubuk Kilangan. Selama ini ada banyak kegiatan CSR yang telah dilaksanakan perusahaan. Termasuk penyerahan sapi kurban setiap tahunnya," kata Asril.

Secara terpisah, Ketua KAN Limau Manis Syarifuddin Dt Bungsu mengapresiasi PT Semen Padang yang selalu rutin menyalurkan bantuan sapi qurban untuk masyarakat Nagari Limau Manis yang merupakan bagian dari masyarakat lingkungan PT Semen Padang .

"Bantuan sapi kurban ini semakin membuktikan bahwa PT Semen Padang semakin peduli dan memperhatikan kami sebagai bagian dari masyarakat lingkungan perusahaan PT Semen Padang . Semoga, PT Semen Padang terus maju dan berkembang bersama kami masyarakat lingkungan," katanya.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua KAN Pauh V Yusrizal. Kata dia, dalam keadaan pandemi ini, PT Semen Padang tetap memperhatikan masyarakat lingkungan dan salah satu bentuk dari perhatian tersebut diwujudkan PT Semen Padang melalui bantuan sapi kurban .

"Mudah-mudahan bantuan sapi kurban dari Semen Padang ini berkah dan Semen Padang sebagai perusahaan kebangaan kita bersama, terus maju dan berjaya. Kami berterimakasih atas bantuan sapi kurban untuk masyarakat Kenagarian Pauh V," ujarnya.

Ketua KAN Nan XX Admiral Dt Rj Sampono yang dihubunngi terpisah menyampaikan terimakasih kepada PT Semen Padang yang telah menyalurkan bantuan sapi kurban untuk masyarakat Kenagarian KAN Nan XX. Bantuan sapi kurban ini, kata dia, akan disalurkan untuk masuarakat sekitar Kantor KAN Nan XX.

"Kami berterimakasih kepada Semen Padang . Di tengah pandemi Covid-19 ini, Semen Padang masih peduli kepada kami di Kenagarian Nan XX. Semoga Semen Padang semakin maju dan jaya, serta semakin meningkat produksinya," kata Admiral.

Danlantamal II Padang Laksma TNI Dafit Santoso juga menyampaikan terimakasih kepada PT Semen Padang atas bantuan dua ekor sapi kurban . Ia berharap hubungan Lantamal II Padang dengan PT Semen Padang terus berjalan dengan baik ke depannya. "Khususnya dalam pelayanan pendistribusian semen dari PT Semen Padang melalui Pelabuhan Teluk Bayur," katanya.

Total sapi kurban yang disalurkan PT Semen Padang tahun ini adalah sebanyak 25 ekor, dengan rincian, sebanyak 12 ekor sapi untuk Kecamatan Lubuk Kilangan, 7 ekor untuk Kecamatan Pauh, dan Kecamatan Lubuk Begalung 2 ekor. Juga dibagikan 2 ekor sapi melalui Lantamal II Padang, 1 ekor sapi untuk perwakilan PT Semen Padang di Aceh dan 1 ekor sapi untuk perwakilan di Dumai.(*)

Editor: Riki Suardi