Kota Padang Kekurangan Bank Sampah, Ini Kata DLH

PADANG, KLIKPOSITIF - Kota Padang masih kekurangan Bank Sampah yang direncanakan ada di setiap kelurahan. Saat ini, Kota Bengkoang hanya memiliki 30 bank sampah .

"Untuk bank sampah , saat ini kita punya 30 dan yang aktif hanya sekitar 20 an saja," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang , Mairizon.

baca juga: Tengah Jalani Cuti, Mahyeldi Ansharullah Raih Penghargaan Sebagai Walikota Terbaik Nasional dalam Pelayanan Publik

Ia mengatakan, bank sampah yang ada di Kota Padang masih kurang sekitar 110 lagi, mengingat kelurahan yang ada sebanyak 144.

"Kalau untuk bank sampah , kami hanya bisa suport saja. Kalau untuk anggaran kami tidak memiliki pagunya untuk bank sampah ini," lanjutnya.

baca juga: Kunjungi Masjid di Lubeg, Andre Bertemu Mantan Pasien Covid-19

Menurutnya, jika bank sampah di Kota Padang sudah banyak, maka jumlah sampah plastik yang sampai ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) bisa berkurang.

"Kami mengimbau masyarakat agar sampah yang memiliki nilai ekonomis seperti botol plastik, dipilah dan antarkan ke bank sampah ," imbaunya.

baca juga: Nekat, Maling ini Curi Sepeda Motor di Lokasi Pernikahan

Dengan begitu, menurutnya jumlah sampah di Kota Padang akan berkurang mencapai 20 persen dari jumlah total 600 ton per hari.

"Tidak hanya botol plastik, kardus dan kertas-kertas juga memiliki nilai ekonomis. Jadi jangan dibuang ke TPA, tetapi antarkan ke bank sampah ," tutupnya.

baca juga: Tak Ingin Dianggap Kacang Lupa Kulitnya, Andre Rosiade Tampung Aspirasi Warga Anak Aia Dalam, Koto Tangah

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Haswandi