Bisa Dimulai Sejak Usia 8 Bulan, Ini Olahraga yang Cocok Buat Anak

Ilustrasi
Ilustrasi (KLIKPOSITIF)

KLIKPOSITIF - Banyak orangtua bertanya-tanya, kapan waktu tepat untuk perkenalkan olahraga pada anak? Jawabannya, kegiatan olahraga bisa dikenalkan kepada anak sejak mereka masih bayi.

Namun, tentu saja gerakan yang dilakukan harus intensitas rendah disesuaikan dengan usia anak. Seperti dikatakan psikolog Rr. Finandita Utari, dalam memilih gerakan berolahraga, orangtua perlu lebih dulu memperhatikan kemampuan motorik yang telah dicapai anak.

baca juga: Viral, Ibu Ini Bagikan Trik Praktis Ganti Popok Bayi Tanpa Harus Lepas Celana Bayi

"Rata-rata anak sudah bisa berdiri dan berjalan sekitar usia 1-1,5 tahun. Saat usia 1,5 tahun itulah kita bisa mulai memberikan gerakan stimulus gerak seperti berjoget, senam ringan," kata Fina dalam webinar bersama Zumba Kids, Selasa (21/7/2020).

Fina mengatakan, orangtua juga bisa melakukan baby gym dengan menuntun anak melakukan teknik gerakan tubuh dasar. Baby gym itu bahkan bisa dilakukan sejak usia 8 atau 9 bulan.

baca juga: Presiden Bagi-Bagi Nasi, Refly Harun: Saya Bisa Katakan Ini Kerumunan, Tapi.....

"Ada namanya baby gym, jadi sebelum mengajarkan ke teknik olahraga , kita ajarkan ke teknik baby gym dulu. Saat usia 8-9 bulan, dia tiduran, kita senam-senam ringan," ujarnya.

Setelah usia anak di atas satu tahun, barulah orangtua bisa mulai kenalkan pada program olahraga tertentu. Hingga pada usia empat tahun, menurut Fina, anak bisa mulai diikutsertakan kelas olahraga .

baca juga: Asnawi Gabung Klub Korsel, Indra Sjafri: Percaya dengan Proses

Fina mengingatkan, yang perlu diperhatikan orangtua jangan sampai membebani anak dengan olahraga beban berat.

"Tidak menuntut anak untuk beban yang berat. Kita harus sadari latihan beban selayaknya untuk dewasa tentu tidak cocok untuk anak. Karena kalau anak usia TK sampai 12 tahun, pertumbuhan badan sedang terjadi dengan pesat hingga jelang remaja," ujarnya.

baca juga: Ternyata Banyak Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki di Atas Rumput, Simak Ulasannya

Editor: Eko Fajri