BPBD Sumbar Siapkan Skema Kesiapsiagaan Bencana Memasuki Musim Penghujan

Wagub Sumbar Nasrul Abit meninjau bencana
Wagub Sumbar Nasrul Abit meninjau bencana (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat (Sumbar) mulai menyiapkan beberapa skema untuk menghadapi musim penghujan yang berpotensi terjadi bencana banjir dan longsor.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit meminta BPBD Sumbar untuk selalu siaga memasuki awal musim penghujan. Sebab potensi bencana di musim hujan bisa saja terjadi terutama di daerah rawan banjir dan longsor.

baca juga: Pohon Tumbang Timpa 2 Rumah di Agam

"Harus disiapkan dari sekarang, ini mau musim hujan. Potensi bencana alam bisa saja terjadi kapan saja," katanya, Selasa, 21 Juli 2020.

Menurutnya, penanganan yang cepat dari BPBD saat bencana sanggat membantu masyarakat korban bencana . Pertolongan dini harus dilakukan secepat mungkin.

baca juga: BNPB Bantu Sumbar Rp19 Miliar Atasi Abrasi Pantai

"Skemnya harus ada, bagaimana kordinasi, logistik dan peralatan harus siap," tegasnya.

Sementara itu, Kalaksa BPBD Sumbar Erman Rahman menyampaikan, selain menyiapkan kebutuhan pelindung diri untuk penanganan COVID-19, pihaknya juga telah mempersiapkan skema penanganan bencana memasuki musim penghujan.

baca juga: Jadi Tuan Rumah Forum Kebencanaan Dunia, Jokowi: Momen Promosi Pariwisata

Dia mengatakan, upaya kesiapsiagaan terus dimatangkan melalui koordinasi virtual bersama BPDB kabupaten dan kota di Sumbar.

"Koordinasi terus berjalan. Kami dari provinsi langsung turun dengan peralatan dan logistik jika diperlukan. Kemudian sesuai kesepakatan untuk penanganan bencana dibantu oleh kabupaten dan kota tetangga," jelasnya.

baca juga: Pemprov DKI Siapkan Bantuan Perbaikan Rumah untuk Korban Longsor Ciganjur

Dia menerangkan, saat ini BPBD sudah siap dengan perlengkapan laut maupun darat seperti menyiagakan perahu karet hingga helikopter yang berkoordinasi dengan Basarnas untuk evakuasi saat bencana .

"Jadi kita jangan terlena dengan penanganan COVID-19 saja. Kita tahu Sumbar ini marketnya bencana , untuk itu kami selalu siaga setiap saat," ujarnya.

Untuk diketahui, BMKG Minangkabau memprediksi akan terjadi hujan beberapa hari ke depan. Terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di beberapa wilayah di Sumbar. (*)

Editor: Joni Abdul Kasir