Menag Pastikan MTQ Nasional di Sumbar Digelar November dengan Protokol Kesehatan

Menag Fachrul Razi
Menag Fachrul Razi (kemenag)

KLIKPOSITIF - Musabaqah Tilawatil Qur'an ( MTQ ) tingkat Nasional ke XXVIII akan digelar pada November 2020 di Sumatera Barat. Namun, MTQ Nasional ini akan berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan .

Hal itu disampaikan Menag Fachrul Razi usai menerima laporan Gubernur Sumatera Barat dan rombongan di Kantor Kementerian Agama, Jl MH Thamrin, Jakarta. Menag mengingatkan bahwa pandemi Covid-19 belum tuntas dan masyarakat saat ini berada pada tahap adaptasi kebiasaan baru.

baca juga: Tingkatkan Kapasitas Kader Posyandu, FKM Unand Adakan Penyuluhan di Limapuluh Kota

"Event Nasional MTQ XXVIII di Sumatera Barat tetap dilaksanakan. Tolong ditata dengan baik pelaksanaan MTQ Nasional XXVIII di Sumbar . Kalau di tata dengan baik, semua pasti bisa," kata Menag di Jakarta, Kamis (16/07).

"Antisipasi dan aspek protokol kesehatan sangat penting, karena peserta dari seluruh Indonesia," lanjutnya.

baca juga: Gigi Berlubang Ternyata Bisa Menular

Penerapan protokol kesehatan , lanjut Menag, harus dilakuakn sejak sebelum peserta dari berangkat dari provinsinya masing-masing. Karenanya, sosialisasi menjadi penting. Protokol kesehatan juga harus diterapkan saat kontingen sampai di lokasi.

"Ini moment besar, dan semua pihak akan berpartisipasi, dan kita akan tekankan kepada Kementerian/Lembaga terkait untuk mensukseskan acara MTQ ini. Sumbar sudah siap, dan ke depan untuk sama-sama mengajak masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan ," kata Menag.

baca juga: PSBB Transisi di Jakarta Diperpanjang Dua Pekan

Menag juga menegaskan agar semua panitia dan pihak yang terlibat pada MTQ Nasional XXVIII ini mematuhi protokol kesehatan . "Kesiapan yang sudah baik, dan pematangan kesiapan secara teknis terkait protokol kesehatan . Moment MTQ XXVIII ini juga menjadi ajang menuangkan inovasi-inovasi terkait MTQ Nasional di tengah Covid-19. Mudah-mudahan semua berjalan lancar," tutup Menag.

Editor: Eko Fajri