Pastikan Data Pemilih, KPU Pessel Ajak Masyarakat Ikut Gerakan Klik Serentak Pilkada 2020

Ketua Divisi Perencanaan KPU Pessel, Medo Patria
Ketua Divisi Perencanaan KPU Pessel, Medo Patria (istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel ), Sumatera Barat mengajak masyarakat memastikan hak pilih dalam Gerakan Klik Serentak Pilkada serentak 2020.

Ketua Divisi Perencanaan KPU Pessel , Medo Patria mengunkapkan, Gerakan Klik Serentak gunakan memastikan data masyarakat masuk daftar pemilih, dan itu dilakukan serentak mulai hari ini, Rabu 15 Juli 2020.

baca juga: Ketua Bawaslu Pessel Sebut Anggota Legislatif Tanpa Surat Izin Dilarang Ikut Kampanye Paslon

"Untuk memastikan hak pilih kita bisa dibuka pada website www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id," ungkapnya pada KLIKPOSITIF .

Ia menjelaskan, selain memastikan data masyarakat masuk dalam daftar pemilih, Gerakan Klik Serentak digelar guna melindungi hak pemilih masyarakat pada Pilkada 2020.

baca juga: Sulitnya Membuka Jalan Baru di Kampung Dilan Pessel

"Jadi dengan itu, secara bersama kami ajak masyarakat juga bisa langsung mengecek dirinya di website tersebut apakah telah terdaftar atau belum," terangnya.

Selain Gerakan Klik Serentak, KPU Pessel katanya, juga mengajak partisipasi masyarakat dalam kegiatan Gerakan Coklit Serentak (GCS) pada Sabtu 18 Juli-13 Agustus 2020.

baca juga: Polres Pessel Siapkan Tim Pemburu Pelanggar Protokol COVID, Bagi yang Tak Pakai Masker Bakal Ditindak

Sesuai surat KPU RI nomor 522 tahun 2020, katanya Gerakan Coklit Serentak digelar dengan kegiatan apel kesiapan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) saat proses Coklit dilaksanakan.

"Apel PPDP akan dilaksanakan di masing-masing kantor wali nagari. Mereka akan mencari lima orang tokoh masyarakat di masing-masing nagari, dan menyatakan Coklit sudah dimulai, sekaligus mengajak masyarakat," tutupnya.

baca juga: Kampanye, Paslon Erick Hariyona - Syawal Prioritaskan Pendidikan dan Agama

Diketahui, PPDP akan turun ke lapangan terhitung sejak 15 Juli hingga 13 Agustus 2020 untuk melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih dengan berkunjung dari satu rumah ke rumah sesuai dengan wilayah kerja masing-masing

PPDP juga akan dilengkapi dengan masker, pelindung wajah, sarung tangan, pembersih tangan serta tanda pengenal dan atribut pendukung lainnya. Dari data KPU Pessel , PPDP akan melakukan Coklit untuk 347.704 data pemilih.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Ramadhani