Semen Padang Schools, Sekolah dengan Segudang Prestasi dan Pencetak Siswa Berkualitas

Poster
Poster (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Sekolah adalah tempat menuntut ilmu yang bagi banyak orang menjadi kebutuhan dalam mencetak generasi emas. Jika tidak ada sekolah , kualitas pendidikan masyarakat yang ada di Indonesia dapat terganggu.

Semen Padang Schools merupakan salah satu lembaga pendidikan berkualitas yang ada di Kota Padang di bawah naungan PT Semen Padang yang menjadikan sekolah ini memiliki fasilitas dan kualitas yang bagus. Tidak hanya itu, sekolah ini tak tanggung-tanggung memiliki jenjang pendidikan mulai dari TK, SD, SMP, SMA dan SMK.

baca juga: Kasus Positif COVID-19 Meningkat, Semen Padang Hospital Tambah 23 Tempat Tidur

Jika banyak orang yang beranggapan bahwa hanya anak dari karyawan PT Semen Padang yang bersekolah disana, namun hal itu tidaklah benar karena bersekolah di Semen Padang Schools dapat dirasakan oleh siapa saja. Selain itu, meskipun sekolah swasta, namun sekolah ini tidak kalah berhasil dari sekolah negeri lainnya dalam mencetak siswa yang berprestasi dan berkualiatas.

"Meskipun kami sekolah swasta, namun kami juga memikiki banyak keunggulan dan menghasilkan pelajar berkualitas dengan prestasi yang gemilang," ujar Nofriadi selaku Humas Semen Padang Schools saat dihubungi oleh KLIKPOSITIF via telepon selular.

baca juga: Kebijakan Pemerintah soal Kuota Pendidikan Dinilai Sia-sia

Ia menjelaskan bahwa Semen Padang Schools adalah salah satu lembaga pendidikan yang tidak hanya mengutamakan nilai, namun juga mengedepankan soft skill dari pelajarnya. Memiliki sarana dan prasarana lengkap untuk Proses Belajar Mengajar (PBM) dan fasilitas penunjang untuk mendukung soft skill merupakan hal yang cukup istimewa di tempat ini. Mereka memiliki fasilitas penunjang yang lengkap seperti lapangan basket, sepak bola, berenang, panahan dan lainnya. Bahkan sekolah ini bisa memamfaatkan sarana olahraga bowling yang hanya satu satunya dimemiliki di Sumbar.

"Menurut kami, fasilitas yang lengkap untuk PBM dan mendukung soft skill adalah hal yang sama pentingnya," ujar Nof.

baca juga: Jalan Tol Pekanbaru--Dumai Diresmikan Presiden, Semen Padang Bangga Telah Berkontribusi

Jadi bagi siswa yang hobi musik, bisa masuk klub marching band. Yang hobi berolahraga bola dapat masuk klub sepakbola, basket, bowling dan lainnya. Yang hobi bela diri juga dapat masuk klub silat yang ada beberapa macam di lingkungan PT Semen Padang seperti Tapak Suci, Perisai Diri, Taekwondo, dan klub bela diri lainnya. Bahkan

Nof juga menjelaskan bahwa di tiap jenjang pendidikan memiliki keunggulan masing-masing. Di TK Semen Padang , peserta didiknya tak jarang didapatkan siswanya mampu menghafal beberapa surat pendek di dalam al-qur'an. Selain itu, banyak dari anak-anak yang telah bersekolah disini memiliki kemampuan baca tulis sehingga dapat memudahkan melanjutkan pendidikan ke level selanjutnya. Di TK itu juga ada fasilitas bermain yang luas dan kolam berenang yang tentunya tak semua sekolah di tingkat itu memilikinya.

baca juga: Maksimalkan Pasar Luar Negeri, PT Semen Padang Ekspor 25.000 Ton Semen ke Australia

Sementara itu, untuk pendidikan tingkat SD juga memiliki keunggulan yang menarik. Jika banyak orang yang mendengar bahwa siswa yang memiliki hafalan alquran yang banyak berasal dari sekolah islam mungkin hal yang biasa. Namun sekolah swasta yang tak jarang memiliki siswa dengan hafalan quran yang banyak hingga layak disebut hafidz? Mungkin hal itu jarang terdengar. Di SD Semen Padang bisa saja dengan mudah kita menemukan anak-anak dengan kemampuan tersebut. Bahkan ada kegiatan khusus untuk anak-anak dengan hafalan ayat Alqur'an yang cukup banyak dan disana mereka dibina agar dapat menjaga dan meningkatkan hafalan mereka. Unik bukan?

SMP Semen Padang terkenal dengan kemampuan bidang ekstrakurikulernya yaitu Pencak Silat yang sudah menjuarai Lomba Tingkat Nasional mewakili Sumatera Barat. Satu-satunya SMP di sumatera barat yang telah meraih prestasi juara Nasional dua kali pada tahun 2015 dan 2018. Juga Prestasi Sepak Bola dan Futsal sangat berpengaruh di Liga Pelajar di Sumatera Barat. Disamping itu kegiatan Tahfizd secara berkesinambungan telah dilaksanakan beberapa tahun ini.

Untuk Sekolah menengah lanjutan, Semen Padang Schools memberi pilihan bagi para pelajar untuk melanjutkan di SMA dan SMK, karena disana dua jenis jenjang pendidikan sekolah menengah atas tersebut ada disini. Bagi pelajar yang ingin dapat langsung bekerja usai sekolah bisa memilih pendidikan lanjutannya di SMK. Untuk diketahui bahwa SMK Semen Padang yang berada dibawah naungan PT Semen Padang . Disini ada dua jurusan di sekolah pencetak calon pekerja dengan kualitas yang bagus yakni Teknik Elektronika Industri dan Teknik Pemesinan. Dua jurusan ini adalah salah satu dari banyak lulusannya dibutuhkan oleh perusahaan industri sehingga tak jarang mereka dapat langsung bekerja usai lulus sekolah . Namun hal itu tidak menutup kemungkinan juga bagi siswa SMK ini yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang kuliah juga dapat dibina di SMK Semen Padang untuk mencapai universitas favoritnya.

Di sisi lain, siswa SMA Semen Padang juga tak kalah membanggakan. Jika banyak orang yang beranggapan bahwa sekolah swasta tidak dapat menjamin siswanya untuk dapat ke perguruan tinggi favoritnya, namun di SMA Semen Padang anggapan itu bisa dihilangkan, dengan mengantarkan siswa-siswinya ke kampus terbaik dan favorit yang ada di Indonesia seperti UI, UGM, IPB, Unand, Unpad dan lainnya. Sekolah ini tidak kalah hebatnya dengan SMA favorit yang ada di Sumbar terutama di Kota Padang dalam mencetak calon mahasiswa dengan almameter yang diinginkan. SMA Semen Padang membuat para siswanya mengetahui sejak awal kemana hendaknya mereka melanjutkan pendidikannya dari kelas X (sepuluh). Jika telah diketahui, maka pihak sekolah akan terus mendorong dan mendampingi mereka dalam mencapai targetnya tersebut. Sehingga SMA Semen Padang menjadikan pelajarnya lulus 100 persen ke SNMPTN pada Tahun ini.

"Sebenarnya banyak prestasi yang kami miliki namun jarang terekpos kemedia, sehingga tidak banyak yang mengetahuinya. Padahal masih banyak prestasi prestasi akademik dan non akademik yang belum terekspos. Terkait dengan biaya pendidikan di sekolah semen padang schools tidaklah sebesar yang dipikirkan masyarakat pada umumnya, namun masih banyak sekolah swasta lainnya yang memiliki biaya lebih besar dari semen padang schools. Kami adalah sekolah swasta dengan biaya pendidikan yang terjangkau namun dengan kualitas yang sudah terbukti," kata Nof.

Untuk itu kepada orang tua jangan ragu-ragu untuk menyekolahkan putra dan putrinya di semen padang schools.

Di Semen Padang Schools, banyak beasiswa dari berbagai macam sumber yang bisa didapatkan para siswanya yang berprestasi dan kurang mampu.

Sementara itu, Semen Padang Schools sudah siap menyambut tahun pelajaran baru 2020/2021 dan menerapkan pola hidup new normal dilingkungan pendidikan dengan mempersiapkan sarana dan prasarana seperti wastafel, termogan, hand sanitizer serta desinfektan dan kelengkapan protocol kesehatan menyambut new normal lainnya.

"Jadi kami sudah melakukannya bahkan sebelum pemerintah daerah Sumbar menetapkan para pelajar untuk diliburkan selama pandemi. Orang tua tak.perlu merasa cemas jika anaknya harus menggunakan sistem belajar tatap muka lagi," ujarnya Nof.

Namun sekolah via during di Semen Padang Schools juga memiliki keistimewaannya sendiri. Sekolah ini adalah satu-satunya lembaga pendidikan di Sumbar yang menggunakan Google for Education. Hal ini karena sekolah ini telah bekerja sama dengan Google for Education dalam membantu para siswanya tetap belajar dengan maksimal meski dari rumah saja.

"Jadi banyak keunggulan yang ada di Semen Padang Schools mulai dari sarana dan prasarana hingga sistem belajar yang tak jarang mencetak pelajar berprestasi dan berkualitas. Jadi ayo sekolah di Semen Padang Schools karena kami dapat menerima siapa saja sebagai siswa tanpa syarat seperti sistem zonasi maupun harus menjadi lulusan terbaik dulu di pendidikannya sebelumnya. Miliki masa depan cerah bersama Semen Padang Schools," tuturnya.(*)

Editor: Khadijah