Anti Mainstream, Modifikasi Sepeda Minion Berikan Kepuasan Tersendiri

Tony Christy dengan beberapa sepeda minion hasil modifikasi komunitas Minion Payakumbuh.
Tony Christy dengan beberapa sepeda minion hasil modifikasi komunitas Minion Payakumbuh. (Ist)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Bersepeda telah menjadi gaya hidup yang beberapa waktu belakangan digemari semua kelompok usia. Berbagai tipe dan jenis sepeda cukup mudah ditemukan berseliweran di sejumlah ruas jalan Kota Payakumbuh .

Diantara berbagai jenis sepeda itu, yang memiliki tampilan cukup unik adalah sepeda minion . Jenis sepeda ini tidak dijual di toko, melainkan dirakit sendiri oleh pemiliknya dengan memodifikasi sepeda jadul yang ditambahkan berbagai macam aksesoris.

baca juga: Sebanyak Empat Personel Polres Payakumbuh Positif COVID-19 Setelah Berkegiatan Padang

Layaknya barang modifikasi, tampilannya bisa disesuaikan dengan selera pemilik. Mulai dari warna, pemilihan aksesoris, dan sparepart yang dipasang. Hal itu yang kemudian memunculkan kepuasan tersendiri bagi pemiliknya ketika gowes. Lebih seru lagi ketika gowes dilakukan bersama teman-teman komunitas yang memiliki jenis sepeda sama.

Salah seorang pemilik sepeda minion di Kota Payakumbuh , Toni Christy mengungkapkan, keinginannya untuk memodifikasi sendiri sepeda dikarenakan keunikan sepeda tersebut.

baca juga: Riza Falepi Ingatkan ASN Pemko Payakumbuh untuk Jaga Netralitas di Pilkada

"Awalnya tertarik dengan keunikan sepedanya yang anti mainstream dan sekaligus untuk wadah berolahraga," katanya, Kamis (9/7).

Untuk bisa memiliki sepeda modifikasi tersebut, hal pertama yang mesti disiapkan adalah batangan sepedanya. Karena sepeda ini asalnya sepeda jadul yang dipakai era 80-an maka untuk mendapatkannya diperlukan kerja keras, apalagi setelah sepeda minion mulai banyak diminati harga bahannya ikut naik.

baca juga: Baliho Paslon Pilkada Sudah Bertebaran, Bawaslu Sumbar: Itu Bukan APK Resmi dan Akan Ditertibkan

"Kalau dulu bisa didapat dengan harga Rp100 ribu sampai Rp150 ribu, tapi kalau sekarang sudah ada yang berani bayar sampai Rp700 ribu," terangnya.

Setelah mendapatkan bahan utama, seluruh bagian sepeda itu dilepas, mulai dari keranjang, boncengan, roda, rantai. Yang disisakan hanya bagian batang untuk nanti digunakan dan dipasangi dengan sparepart sesuai kebutuhan dan selera.

baca juga: Update COVID-19 di Lima Puluh Kota, 11 Sembuh dan 6 Positif

"Juga bisa dilakukan pengecatan terhadap batangan sepeda tersebut sebelum kemudian dipasangi sparepart yang kita inginkan," jelas Tony.

Total biaya yang dibutuhkan untuk bisa mendapatkan sepeda minion sangat bergantung dengan jenis sparepart yang dipilih.

"Kisaran total biayanya antara Rp1 juta sampai dengan Rp5 juta," terang Tony.

Di Kota Payakumbuh sendiri sudah ada komunitas sepeda modifikasi ini, yaitu Minion Payakumbuh , meski termasuk komunitas baru namun anggotanya sudah belasan dan rutin melakukan kegiatan gowes setiap pekannya.

"Biasanya gowes rutin dilaksanakan setiap Sabtu dan Minggu. Rutenya sekitaran Kota Payakumbuh saja," pungkasnya. (*)

Editor: Taufik Hidayat