Jumlah Kasus Terus Bertambah, Pasien Covid-19 Capai 11 Juta Lebih

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Jumlah kasus kasus positif Virus Corona secara global terus bertambah. Dari data worldmeters.info tercatat hingga hari ini, Minggu (5/7/2020) sebanyak 11.378.918 kasus.


Untuk hari ini saja terjadi penambahan jumlah kasus baru sebanyak 189.413 orang. Data ini menunjukkan penambahan kasus baru Covid-19 di dunia (global) menurun dibandingkan kemarin, Sabtu (4/7/2020), tetapi jumlahnya masih di atas 160 ribu dalam waktu 24 jam.

Virus telah menyebar ke seluruh dunia dan pusat kasus mulai bergeser dari Asia Timur ke Eropa dan kemudian ke Amerika. Dilansir dari CNBC, peningkatan terbesar yang dilaporkan pada Sabtu (4/7/2020) terjadi di Amerika Utara dan Selatan sebanyak 129.772 kasus baru.

baca juga: Penelitian Terbaru Sebut ASI Tidak Terpengaruh Covid-19, Dapat Lindungi Bayi dari Infeksi?

Wilayah Mediterania Timur terdapat 20.043 kasus baru dengan Arab Saudi, Pakistan, dan Iran yang paling banyak menyumbang. Eropa terdapat 19.694 kasus baru dengan peningkatan terbesar di Rusia. Afrika memiliki 12.619 kasus yang sangat banyak dilaporkan di Afrika Selatan.

Pejabat tinggi WHO memperingatkan bahwa, minggu ini, di beberapa negara mungkin harus melakukan kembali penguncian wilayah, karena mereka harus kembali berjuang menahan penularan virus Corona Covid-19.

"Beberapa negara yang telah berhasil menekan penularan dan membuka (penguncian), sekarang mungkin mengalami kemunduran. Mungkin harus menerapkan intervensi lagi, mungkin harus menerapkan penguncian ini lagi," kata Dr. Maria Van Kerkhove, kepala WHO unit penyakit yang muncul, pada briefing berita Rabu (1/7/2020) di Jenewa.

baca juga: Peneliti Jepang: Tes Swab Tidak Diperlukan Lagi, Ini Alasannya

"Kami berharap bahwa kami tidak harus melakukan penguncian secara luas lagi. Jadi belum terlambat untuk bertindak cepat," tambahnya.

Mike Ryan, direktur eksekutif program kedaruratan WHO, mengatakan bahwa pada 22 Juni 2020, rawat inap dan kematian di rumah sakit juga meningkat.

baca juga: Hari Kesaktian Pancasila, Staf Khusus BPIP Dorong Elite Politik Bersikap Dewasa Tentang Isu Ini

Editor: Ramadhani