Perda Pariwisata Halal Disahkan, Gubernur: Semoga Bisa Tingkatkan Kunjungan Wisatawan

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (KLIKPOSITIF/Fitria Marlina)

PADANG, KLIKPOSITIF - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan dengan disahkannya Peraturan Daerah (Perda) Pariwisata Halal, ada peningkatan kunjungan wisatawan ke Sumbar.

"Perda ini diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri. Dan ini juga menjamin kepastian hukum bagi penyelenggaraan di daerah. Dengan ditekankan dapat dilakukan perencanaan terarah dan terpadu serta jadi pedoman bagi daerah," katanya di DPRD Sumbar, Selasa, 9 Juni 2020.

baca juga: Audy Optimis, 2022 Pertumbuhan Ekonomi Sumbar Capai 5 Persen

Ia mengatakan dan berharap pariwisata halal bisa menjadikan Sumbar destinasi wisata yang global dan memiliki daya saing yang baik. "Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sudah bisa melakukan sosialisasi sehingga perda ini bisa terlaksana dengan baik," jelasnya.

Sementara itu, ketua DPRD Sumbar, Supardi mengatakan sejalan dengan pesatnya perkembangan pariwisata di negara-negara Islam, memunculkan potensi wisata baru, yakni halal tourism.

baca juga: China Tingkatkan Kewaspadaan Terhadap COVID-19 Saat Musim Perjalanan Tahun Baru Imlek Dimulai

"Pesatnya perkembangan wisata halal ini merupakan peluang yang sangat besar bagi Sumbar. Oleh karena itu konsep wisata halal tersebut sesuai dengan kultur dan filosofi masyarakat, yakni ABS-SBK," katanya.(*)

Editor: Fitria Marlina