Ahli Ungkap Konsumsi Jahe Bisa Bantu Perpanjang Usia

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - National Health Servivce (NHS) mengungkapkan jika mengubah pola makan dengan menambah jahe bisa menjadi kunci untuk

memperpanjang usia.

baca juga: Riset Ungkap Obat Kumur Bisa Bantu Nonaktifkan Virus Penyebab Covid-19

Dilansir dari Medical Daily jahe biasa digunakan sebagai bumbu dapur. Nutrisionis Juliette Kellow dan nutrisionis Sarah Brewer mengatakan bahwa jahe adalah kunci untuk mendorong kesehatan usus, memperbaiki kondisi usus, dan bahkan dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker usus.

"Beberapa studi mengatakan jahe meredakan mual, merangsang produksi empedu, meredakan rasa tidak nyaman pada perut, dan mempercepat perjalanan makanan di dalam saluran pencernaan," kata mereka dalam bukunya berjudul "Eat Better Live Longer - Understand What Your Body Needs to Stay Healthy".

baca juga: Pagi Ini, Satu Lagi Pasien COVID-19 Meninggal Dunia di RSAM Bukittinggi

Mereka menambahkan, jahe juga dapat membantu memecah dan melepaskan gas dari dalam usus, sehingga membantu meredakan kembung di perut. Aksi antiinflamasi jahe yang kuat juga bisa membantu meredakan nyeri yang terkait dengan beberapa kondisi seperti arthritis.

Sebuah kajian dari lima studi menyatakan bahwa mengonsumsi jahe dapat meredakan nyeri nyaris sepertiganya, dan memulihkannya sebanyak 22 persen pada orang yang mengidap osteoarthritis. Faktanya, beberapa studi juga menyebutkan bahwa menambahkan makanan pedas dalam diet juga bisa melindungi dari kematian dini.

baca juga: Terus Bertambah, Jumlah Kasus COVID-19 Kota Solok Capai 55 Orang

Editor: Ramadhani