Ratusan Personel TNI dan Tim Gugus Penanganan COVID-19 di Payakumbuh Siap Kawal PSBB Jilid III

Apel Penegakan Disiplin Potokol Kesehatan COVID-19 di Kota Payakumbuh
Apel Penegakan Disiplin Potokol Kesehatan COVID-19 di Kota Payakumbuh (Ade Suhendra)
PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF -

Pasca diumumkannya perpanjangan masa penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB ) Tahap III dan masa Transisi New Normal, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Kota Payakumbuh gelar Apel Akbar Penegakkan Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19, Kamis 28 Mei 2020 malam.

Kegiatan tersebut digelar di Bawah Kanopi Pusat Pasar Payakumbuh Jalan Jendral Sudirman yang diikuti oleh gabungan TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, dan lainnya.

Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Payakumbuh Riza Falepi didampingi Wakil Ketua Tim Gugus Erwin Yunaz mengatakan seiring berjalannya PSBB tahap III yang akan diterapkan hingga tanggal 7 Juni 2020, Payakumbuh juga dipersiapkan menuju New Normal.

baca juga: Pungli Masih Marak, Asisten III Setdako Payakumbuh Tegaskan Hal Ini

Ia pun mengimbau dan mengingatkan kepada warga agar tidak ada lagi yang ke Pasar dengan tidak menggunakan masker dan warga harus mengikuti protokol kesehatan yang ada.

"Semoga kedepan tidak ditemukan lagi warga yang ke pasar tidak menggunakan masker. Sehingga secara bertahap kita juga manfaatkan PSBB Jilid III ini untuk mempersiapkan diri menuju New Normal," kata Riza Falepi.

baca juga: Tanah Datar Kembangkan Bibit Bawang Merah Jadi Varietas Unggulan

Sementara itu, Dandim 0306/50 Kota Letkol. Kav. Ferry S. Lahe menjelaskan ia bersama Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Payakumbuh mendukung pelaksanaan Penegakkan Disiplin Protokol Kesehatan di Payakumbuh untuk percepatanan penanganan COVID-19. Hal ini juga sesuai Intruksi Presiden kepada Kapolri dan Panglima TNI dimana siap mendukung dan sinergis dengan Polri di daerah untuk melakukan edukasi dan himbauan kepada warga dalam menegakkan atur dan akhirnya tidak ada lagi warga yang melanggar aturan.

"Sesuai Intruksi Pak Presiden kepada Kapolri dan Panglima TNI maka jajaran TNI dari atas sampai ke bawah siap bersinergi untuk melakukan edukasi dan menghimbau masyarakat untuk sama-sama menegakkan aturan. Kami tegaskan bahwa kami hadir tidak untuk menakuti-nakuti," katanya.

baca juga: Polres Payakumbuh Musnahkan Barang Bukti Ganja Seberat 98,3 Kg

Letkol. Kav. Ferry S. Lahe juga menambahkan dalam Penegakkan Protokol Kesehatan di tahap III PSBB ini, kehadiran anggota TNI nantinya mencapai angka ratusan orang. Mereka akan mengedukasi dan mengingatkan masyarakat untuk menggunakan masker, jaga jarak dan lainnya.

" PSBB tahap III kini kita turunkan personal sebanyak 220 orang dan berharap warga dapat mennaga jarak (physical distancing), pakai masker keluar rumah, menggunakan hand sanitizer dan rajin mencuci tangan serta lebih banyak berdiam diri di rumah," ujarnya.

baca juga: Terkait Netralitas, 7 ASN Kabupaten Solok Dipanggil Bawaslu

Secara terpisah, Kapolres Payakumbuh , AKBP. Dony Setiawan menyebutkan bahwa pihaknya bersama tim gabungan telah melakukan penindakan atau menjaring ratusan orang yang tidak menggunakan Masker sejak awal Pemberlakukan PSBB tahap I dan II. Mereka yang terjaring dilakukan pembinaan dan membuat surat pernyataan

"Berbeda dengan PSBB I dan II, pada PSBB tahap III ini kami akan mengedepankan pembinaan dan penyadaran. Namun tidak tutup kemungkinan akan tetap ditindak jika melawan kepada petugas yang bertugas. Kemarin itu tercatat yang ditindak dan bina hampir menyentuh angka 400 orang," kata AKBP Dony Setiawan.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Eko Fajri