Ekonom: UKM Harus Mengubah Orientasi Berusaha Setelah COVID-19

Pengamat bidang ekonomi pembangunan dari Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat, Prof Dr Werry Darta Taifur
Pengamat bidang ekonomi pembangunan dari Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat, Prof Dr Werry Darta Taifur (KLIKPOSITIF/Fitria Marlina)

PADANG, KLIKPOSITIF - Mengubah orientasi berusaha setelah pandemi berakhir harus jadi perhatian pelaku usaha, terutama usaha kecil menengah ( UKM ). Hal itu dilakukan agar tetap bisa bertahan dengan usaha ini.

Pengamat bidang ekonomi pembangunan dari Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat, Prof Dr Werry Darta Taifur mengatakan, jika UKM masih memakai cara sebelumnya dalam berjualan atau berdagang, mungkin kedepan tidak bisa bersaing lagi.

baca juga: Ekonomi Dunia Bergerak Pulih, Minyak Dunia Mulai Menguat

"Salah satu yakni merubah orientasi cara berusaha. Kalau ingin cara sekarang, mungkin kedepan tidak bisa bersaing lagi. Mereka juga tak bisa meningkatkan penjualan sehingga ada orientasi dengan berjualan mengikuti standar COVID-19, salah satunya dengan digitalisasi," terangnya.

Ia mengatakan dengan jumlah UKM 596 ribu atau kurang lebih 50 persen di Sumbar bergerak di bidang perdagangan dan minuman maka hal itu harus jadi perhatian semua pihak, termasuk pemerintah. (*)

baca juga: Jelang Lebaran, Emas Batangan Dijual Rp 937 Ribu Per Gram

Editor: Fitria Marlina