UPZ Baznas Semen Padang Salurkan Bantuan Beras untuk 206 KK Terdampak COVID-19 di Luki

Kepala Pelaksana Harian UPZ Baznas Semen Padang Muhammad Arif (kanan) menyerahkan bantuan sembako berupa 10 kg beras kepada maayarakat yang diwakili oleh salah seorang Lurah di Lubuk Kilangan.
Kepala Pelaksana Harian UPZ Baznas Semen Padang Muhammad Arif (kanan) menyerahkan bantuan sembako berupa 10 kg beras kepada maayarakat yang diwakili oleh salah seorang Lurah di Lubuk Kilangan. (Ist)
PADANG, KLIKPOSITIF

- Unit Pengumpul Zakat (Baznas) Semen Padang menyalurkan bantuan sembako sebanyak 206 paket kepada masyarakat terdampak COVID-19 di Kecamatan Lubuk Kilangan (Luki), Kota Padang, Senin (4/5/2020).

Bertempat di Kantor Camat Luki, bantuan sembako berupa beras seberat 10 kilogram/paket itu, diserahkan secara simbolis oleh Kepala Pelaksana Harian UPZ Baznas Semen Padang Muhammad Arif, dan diterima oleh salah seorang Lurah Kecamatan Luki.

baca juga: Kisah Ria Oktorina, Penyintas Covid-19 Asal Solok Sumbar

"Mudah-mudahan sembako ini dapat meringankan beban masyarakat menghadapi wabah COVID-19," kata Muhammad Arif didampingi Kesekre dan Keuangan UPZ Baznas Semen Padang Muhammad Ikhsan saat ditemui di Kantor Camat Luki usai menyerahkan bantuan sembako, Senin.

Penyerahan bantuan sembako ini, kata Arif melanjutkan, juga bekerjasama dengan
Badan Amil Zakat (BAZ) Kota Padang dengan melibatkan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumbar, Human Initiave, Dompet Dhuafa Singgalang (DDS), Yakesma dan Risalah Carity.

baca juga: KPU Padang Catat Sudah 469 KPPS Reaktif Covid-19, Bagaimana Persiapan Pencoblosan?

"Bantuan sembako ini merupakan gagasan bersama antara UPZ Baznas Semen Padang dengan BAZ Kota Padang, ACT, Human Initiave, DDS, Yakesma dan Risalah Carity. Khusus untuk UPZ Baznas Semen Padang, alokasinya disalurkan untuk masyarakat Luki," ujarnya.

Sebelumnya, Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah mengatakan, UPZ Baznas Semen Padang bersama BAZ Kota Padang dan DDS, Yakesma serta Risalah Carity dilibatkan dalam menyalurkan bantuan untuk mengakomodir 5.968 KK (Kepala Keluarga) yang tersebar di seluruh kelurahan.

baca juga: Hasil Rapid Tes di Puskesmas Andalas, Seratusan KPPS Reaktif Covid-19

"Data 5.968 KK itu merupakan data dari Dinas Sosial Kota Padang. Masing-masing KK mendapatkan bantuan10 kilogram beras," kata Mahyeldi pada rapat bersama pimpinan tujuh Lembaga Amil Zakat (LAZ) di Rumah Dinas Wali Kota Padang, Minggu (3/5/2020).

Mahyeldi juga merinci bantuan dari masing-masing LAZ tersebut. Untuk UPZ Baznas Semen Padang, jumlahnya sebanyak 206 paket, ACT 963 paket, Risallah Carity 124 paket, DDS100 paket, Yakesma 100 paket, dan Humas Inisiative 100 paket, serta Baznas Kota Padang 4.375 paket.

baca juga: Bayi Ini Lahir dengan Antibodi Covid-19

Seluruh paket itu, sebut Mahyeldi, akan didistribusikan ke seluruh Kecamatan yang ada di Kota Padang. Untuk Kecamatan Bungus, jumlah masyarakat yang mendapatkan bantuan sebanyak 401 KK, Koto Tangah 1.085 KK, Kuranji 788 KK, dan Nanggalo 194 KK.

Kemudian untuk Kecamatan Padang Barat sebanyak 212 KK, Pauh 292 KK, Lubuk Begalung sebanyak 1.623 KK, Padang Selatan 204 KK, Padang Timur 490 KK, Padang Utara 173 KK, dan Kecamatan Luki sebanyak 206 KK, serta Pegawai Dinas Kebersihan/DLH sebanyak 300 KK.

Untuk mendistribusikan bantuan tersebut, para donasi dari Amil Zakat langsung berkoordinasi dengan Camat, Lurah, RW dan RT masing-masing. Untuk itu, kepada masyarakat yang menerima bantuan, diharapkan untuk tetap di rumah.

"Kami beraharap agar masyarakat Kota Padang tetap di rumah, karena bantuan sembako dari berbagai LAZ tersebut, akan diantarkan langsung ke rumah-rumah masyarakat yang terdampak COVID-19," pungkas Mahyeldi Ansharullah.(*)

Editor: Riki